Khasiat Buah Pepaya Bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol Lho!

Jurnalis: Mustopa
Editor: M. Rifat

3 Agustus 2023 22:00 3 Agt 2023 22:00

Thumbnail Khasiat Buah Pepaya Bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol Lho! Watermark Ketik
ilustrasi buah pepaya. (Foto: UMSU)

KETIK, JAKARTA – Buah Pepaya merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sering dijumpai di Indonesia. Biasanya buah ini banyak ditanam di pekarangan rumah.

Buah yang bernama latin Carica Papaya ini kaya akan manfaat untuk kesehatan. Mulai dari kesehatan pencernaan hingga mampu menurunkan kadar kolesterol.

Berikut khasiat Pepaya bagi kesehatan seperti dilansir Pharmeasy:

Berperan sebagai Antioksidan

Pepaya mengandung banyak senyawa yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan diperlukan tubuh untuk melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Senyawa yang terdapat dalam buah pepaya di antaranya polifenol, flavonoid, alkaloid, tanin, dan saponin. Antioksidan juga bisa mencegah kanker.

Menurunkan Berat Badan

Buah pepaya sangat cocok untuk menurunkan berat badan. Karena buah-buahan ini kaya akan serat yang sangat penting dalam mengatur metabolisme tubuh.

Serat membantu mencegah obesitas karena bisa menghalangi lemak masuk dalam tubuh. Serat juga bisa menghilangkan racun sehingga menjaga pencernaan dan kesehatan usus.

Melindungi Ginjal

Buah pepaya terutama bijinya sangat bagus untuk menjaga kesehatan ginjal. Kandungan kalium  di dalamnya mampu melindungi ginjal dari kerusakan.

Biji pepaya juga mampu membersihkan racun sehingga memperlancar fungsi ginjal.

Menurunkan Kolesterol

Buah pepaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Biji pepaya kaya akan asam lemak tak jenuh yang bisa mengurangi kolesterol jahat.

Serat yang terkandung dalam buah pepaya juga ikut berperan menurunkan kolesterol karena bisa mencegah penyerapan lemak.(*)

Tombol Google News

Tags:

Buah Pepaya Khasiat manfaat Antioksidan kolesterol