Kopi Indonesia Bikin Pengunjung Specialty Coffee Expo di Amerika Serikat Terpukau

Jurnalis: Samsul HM
Editor: Mustopa

14 April 2024 04:35 14 Apr 2024 04:35

Thumbnail Kopi Indonesia Bikin Pengunjung Specialty Coffee Expo di Amerika Serikat Terpukau Watermark Ketik
Perwakilan Indonesia melayani pengunjung dalam Specialty Coffee Expo di Amerika Serikat (Foto: KBRI Washington DC)

KETIK, JAKARTA – Indonesia kembali berpartisipasi dalam Specialty Coffee Expo (SCE) tahun 2024 yang berlangsung di McCormick Place, Chicago, Amerika Serikat (AS) sejak tanggal 12-14 April 2024.

Dalam event yang mengangkat tema ‘Remarkable Indonesian Coffee: Home of World’s Finest Coffee’ tersebut, Paviliun Indonesia menghadirkan 12 pelaku industri kopi spesialti di Indonesia yang mempromosikan produknya kepada sejumlah mitra potensial.

Acara ini terselenggara berkat kerjasama antara KBRI Washington DC, Atase Perdagangan KBRI Washington DC, ITPC Chicago, ITPC LA. Mereka didukung KJRI Chicago, SCAI, BI, BNI, BRI, LPEI, dan Atase Pertanian Washington DC.

Konsul Jenderal RI Chicago, Listyowati dalam pembukaannya menerangkan bahwa Specialty Coffee Expo merupakan salah satu ajang pameran dan promosi kopi spesialti terbesar di dunia.

“Diharapkan kopi Indonesia akan semakin dikenal oleh komunitas kopi internasional dan publik AS,” kata Listyowati dalam keterangan yang diterima Ketik.co.id, Minggu (14/4/2024).

Sementara menurut KUAI KBRI Washington DC, IBM “Sade” Bimantara, keikutsertaan Indonesia tidak lepas dari kolaborasi pemerintah, perbankan, dan pelaku usaha kopi. Harapannya bisa semakin berdampak dan menembus pasar dunia.

Deputi Gubernur BI, Filianingsih Tjahjono mengatakan bahwa dukungan dari perbankan dan pemerintah merupakan wujud keberpihakan terhadap pelaku UMKM.

Sementara Atase Perdagangan Washington DC, Ranitya Kusumadewi, menyebut Indonesia harus memperkuat branding sebagai negara penghasil kopi. Karena perkembangan industri kopi di AS dan dunia semakin pesat.

Sehingga dalam partisipasi Indonesia pada SCE edisi ke-15 ini juga dilakukan proses kurasi. Kualitas kopi harus memenuhi kriteria spesialti, mulai dari aspek traceability, sustainability, dan sertifikasi.

Paviliun Indonesia menghadirkan kopi dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Gayo, Kintamani, Temanggung, Toraja, Mandailing, dan Lampung. 

Pesertanya terdiri dari Catur Coffee, Gravfarm, Ulubelu Coffee, Ataly Coffee, Ephraim Coffee, Java Halu Coffee, Tanamera Coffee, Opal Coffee, Caldera Coffee, Javanese Coffee, dan Indonesia House of Bean (IHOB).

Salah satu peserta SCE asal Indonesia, Java Halu Coffee, mengakui bahwa banyak potensial buyers yang tertarik dengan kopi Indonesia. Salah satunya adalah roastery terbesar di kawasan Midwest, Intelligentsia.

Dalam pameran ini, Indonesia juga mengirimkan wakilnya untuk mengikuti kejuaraan World Brewers Cup 2024 atas nama Ryan Wibawa dan World Cup Tasters Championship 2024 atas nama Rifky Maulana.(*)

Tombol Google News

Tags:

Specialty Coffee Expo Amerika Serikat kopi indonesia