KPU Surabaya Ungkap 41 Bacaleg Tak Lolos Seleksi

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Marno

21 Agustus 2023 12:05 21 Agt 2023 12:05

Thumbnail KPU Surabaya Ungkap 41 Bacaleg Tak Lolos Seleksi Watermark Ketik
Komisioner KPU Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan Soeprayitno. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya mengungkap sebanyak 41 Daftar Calon Sementara (DCS) yang gagal atau tidak menenuhi syarat (TMS) karena kurangnya dokumen yang terverifikasi. 

Tercatat total sebanyak 800 Daftar Calon Sementara (DCS) Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang lolos dan memenuhi syarat dari seleksi perlengkapan dokumen Bakal Calon Anggota DPRD (BCAD) dari 18 partai politik (parpol). 

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan, Soeprayitno mengungkapkan ada penyusutan jumlah untuk bacaleg dalam pengajuan persyaratan BCAD. 

"Pengajuan dokumen persyaratan BCAD mulai 1-14 mei 2023. Dengan pengumuman DCS 19 Agustus 2023 memang ada penyusutan,"kata Nano, sapaan akrabnya pads Senin (21/8/2023). 

Penyusutan jumlah bacaleg dari seleksi pengajuan syarat dokumen itu disebakan karena ada bacaleg yang statusnya TMS.  Ia menyebut hanya ada 13 parpol yang bacalegnya  semua lolos jadi DCS. 

Dari total 41 bacaleg gagal lolos DCS, kata Nano bahwa penyusutan itu terjadi ada di lima parpol. Tetapi, dirinya enggan menyebutkan partai mana saja yang bacalegnya TMS. 

"Penyusutan itu ada 5 parpol, tapi jumlah itu ranah politik. Bacaleg yang mundur ini ada juga yang karena memang mundur dari prores pencalegan, sehingga tidak dapat penggantinya,"jelasnya. 

Hal itu disebabkan lanjutnya, karena bacaleg mereka tidak kunjung melengkapi syarat dokumen dengan batas yang telah ditentukan. 

"Kenapa susut, jumlah dan berkurang. Dipicu juga karena tidak kunjung melengkapi dokumen syarat pencalonan hingga batas waktu berakhir. Artinya TMS, mau tidak mau (tidak lolos),"pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

KPU Kota Surabaya DCS TMS bacaleg Nano Soeprayitno gagal terverifikasi