Kwarda Jatim Gandeng PMI Surabaya Gelar Donor Darah Saat Peringatan HUT ke-62 Pramuka di Grahadi

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Moana

14 Agustus 2023 01:21 14 Agt 2023 01:21

Thumbnail Kwarda Jatim Gandeng PMI Surabaya Gelar Donor Darah Saat Peringatan HUT ke-62 Pramuka di Grahadi Watermark Ketik
Peserta donor darah saat peringatan HUT ke-62 Pramuka di Gedung Negara Grahadi, Senin (14/8/2023).(Shinta Miranda Sari/Ketik)

KETIK, SURABAYA – Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur (Kwarda Jatim) memperingati HUT ke-62 Pramuka dengan menggelar donor darah menggandeng UTD PMI Kota Surabaya. 

Acara berlangsung bersamaan momen upacara peringatan ulang tahun di Halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (14/8/2023). 

Berdasarkan catatan, total peserta donor darah mencapai 100 orang sejak pendaftaran dibuka pada 12 Agustus 2023 kemarin dan terbuka untuk umum. Para pendonor juga mendapat paket menarik berupa merchandise. 

Kabag Pelayanan dan Humas UTD PMI Kota Surabaya dr Wandai Rasotedja mengapresiasi kolaborasi  yang telah terjalin selama ini. Pramuka Jatim kerap mengadakan acara donor darah. 

Ia ingin generasi muda khususnya milenial dan Generasi Z (Gen Z) lebih mengenal manfaat donor darah. 

"Kita lebih menargetkan kepada pendonor-pendonor pemula generasi muda jadi ada regenerasi bagi para pendonor senior. Kita juga masih butuh pendonor-pendonor baru," terang dr Wandai. 

Dia menambahkan, sejauh ini antusiasme pendonor muda sangat tinggi di Kota Surabaya. 

"Alhamdulillah sangat luar biasa mereka adik kita yang milenial mudah sekali untuk kita gerakkan agar mereka bisa donor darah membantu sesama," ucapnya. 

Generasi muda bisa melakukan donor darah minimal sejak usia 17 tahun atau Kelas 3 SMA. Kerap kali para siswa tingkat ini datang ke Kantor UTD PMI Kota Surabaya untuk melihat secara langsung proses donor darah sebagai pengenalan dan akhirnya tertarik menjadi pendonor. 

Lebih lanjut dr Wandai menuturkan, kolaborasi bersama Pramuka turut menambah jumlah persediaan stok darah.

Saat ini ada sekitar 600 kantong untuk sel darah merah pekat dan 300 kantong trombosit di UTD PMI Kota Surabaya. Dengan gotong royong, maka kebutuhan transfusi darah tercukupi. 

"Insya Allah sudah mencukupi untuk satu minggu ke depan khusus Area Surabaya. Memang tidak menutup kemungkinan kalau stoknya masih ada kalau ada permintaan dari luar Surabaya juga bisa kita layani," tandasnya. 

Sementara rata-rata kebutuhan kantong darah per hari sekitar 250-300 kantong darah. Sedangkan jumlah pendonor per hari rata-rata 350 orang sehingga persediaan itu dinilai mencukupi. Apalagi juga mendapat bantuan gerakan aksi kemanusiaan dari Kwarda Pramuka Jatim. 

Sebagaimana informasi, 14 Agustus selalu diperingati sebagai Hari Pramuka. Tahun ini Pramuka memasuki usia ke-62 tahun. 

Peringatan HUT ke-62 Pramuka mengambil tema "Pramuka Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional".(*)

Tombol Google News

Tags:

Hari Pramuka donor darah Kwarda Pramuka Jatim UTD PMI Kota Surabaya