Lima Ribu Lebih Siswa SD Ikuti ANBK, Dindik Pacitan Tinjau Sekolah

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Muhammad Faizin

23 Oktober 2023 06:55 23 Okt 2023 06:55

Thumbnail Lima Ribu Lebih Siswa SD Ikuti ANBK, Dindik Pacitan Tinjau Sekolah Watermark Ketik
Dindik Kabupaten Pacitan mengecek ke sejumlah sekolah. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Sebanyak 5.502 siswa Sekolah Dasar (SD) di bawah naungan Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Dindik Kabupaten Pacitan melakukan peninjauan ke sejumlah sekolah untuk memastikan pelaksanaan ANBK berjalan lancar.

Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Pacitan, Wahyono mengatakan bahwa peninjauan dilakukan untuk memastikan kesiapan sekolah dalam pelaksanaan ANBK.

"Kami memonitoring kesiapan sarana prasarana dan kesiapan teknis pelaksanaan ANBK," kata Wahyono saat mengecek proses assessment di SDN 1 Ploso Pacitan, Senin (23/10/2023).

Wahyono mengatakan bahwa ANBK merupakan evaluasi sistem pendidikan, bukan penilaian terhadap murid, guru, atau kepala sekolah sebagai individu. ANBK dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi perbaikan kualitas pembelajaran.

"ANBK ini merupakan penilaian terhadap sistem pendidikan, bukan penilaian terhadap murid, guru, atau kepala sekolah sebagai individu," kata Wahyono, Senin (23/10/2023).

LFoto Siswa tengah mengerjakan sejumlah soal ANBK. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Siswa tengah mengerjakan sejumlah soal ANBK. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Wahyono menyatakan bahwa siswa yang mengikuti ANBK 2023 merupakan peserta didik yang terpilih secara acak (random) di setiap satuan pendidikan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Sehingga bukan kewenangan dari pihak lembaga pendidikan alias sekolah," imbuhnya.

Lebih lanjut, Wahyono menambahkan bahwa ANBK 2023 ini tak hanya di Kabupaten Pacitan saja, melainkan terselenggara di seluruh Indonesia secara serentak.

"ANBK ini dilaksanakan di seluruh Indonesia secara serentak," ujarnya.

Wahyono juga menjelaskan bahwa ANBK 2023 ini berbeda dengan Ujian Nasional (UN). Jika UN hanya mengukur capaian pembelajaran peserta didik pada level kognitif, maka ANBK mengukur capaian pembelajaran peserta didik pada level kognitif dan nonkognitif, termasuk karakter.

"ANBK ini lebih menyeluruh mulai dari karakter hingga lingkungan sekolah tempat dia belajar," imbuhnya.

Foto Tampilan menu ANBK yang dikerjakan oleh siswa. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Tampilan menu ANBK yang dikerjakan oleh siswa. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Dari pelaksanaan ANBK secara online tersebut, Wahyono berharap siswa dapat menjalankan proses dengan lancar, dan bisa mengembangkan karakter siswa.

"Harapan kami kepada siswa yang mengikuti semuanya bisa terlaksana dengan baik karena ini penilaian secara umum dan tentunya bisa mengembangkan karakter siswa," ucapnya.

Tampak 30 siswa yang berada di SDN 01 Ploso khidmat mengikuti ANBK 2023 dengan pengawas dua orang dari berbeda sekolah, sehingga pelaksanaannya benar-benar netral.

"Harapannya mendapatkan raport yang baik, terpenting adalah integritas, sehingga hasil yang dberikan memang tidak ada cawe-cawe dari pihak kami. Ini murni dari usaha belajar dari siswa," harap Kepala SDN 1 Ploso, Sujarno.

Lebih lanjut, ANBK merupakan instrumen penting untuk mengukur capaian pembelajaran peserta didik, termasuk karakter. Hasil ANBK dapat digunakan oleh sekolah untuk memperbaiki kualitas pembelajaran.

ANBK dilaksanakan secara daring atau online. Peserta didik akan mengerjakan soal-soal AKM dan Survei Karakter di komputer. Diantaranya yakni, mata pelajaran Literasi, Survey Karakter, Numerasi, dan Survey Lingkungan Belajar.

Hasil ANBK tersebut, kemudian akan digunakan untuk perbaikan pembelajaran di sekolah. Dengan adanya hasil ANBK, sekolah dapat mengetahui capaian pembelajaran peserta didik dan melakukan perbaikan pembelajaran yang diperlukan. (*)

Tombol Google News

Tags:

ANBK Dindik Pacitan pacitan SDN 1 PLOSO Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan Dindik Kabupaten Pacitan