Mahasiswa Unusa Bikin Rokuri, Roti dari Buah Sukun yang Rendah Kalori

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

31 Oktober 2023 18:44 31 Okt 2023 18:44

Thumbnail Mahasiswa Unusa Bikin Rokuri, Roti dari Buah Sukun yang Rendah Kalori Watermark Ketik
Mahasiswa ini menunjukkan Rokuri yang merupakan roti yang terbuat dari tepung Sukun, Selasa (31/10/2023). (Foto : M.Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Orang yang lagi diet biasanya khawatir mengkonsumsi roti dengan alasan kalorinya tinggi. Masalahnya akan berdampak kurang baik terhadap kesehatan tubuh, misal obesitas, dan diabetes.

Menjawab kekhawatiran tersebut, empat mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Adela Nurcahyani, Helliya Habibi, Ferry Ikhsan Muzaki, dan M. Hubaidilah membuat Roti Sukun Rendah Kalori (Rokuri). Roti ini diklaim rendah kalori sehingga aman dikonsumsi untuk penderita diabetes.

"Jadi roti ini kami bikin dengan menggunakan tepung sukun yang memang rendah kalori sehingga lebih sehat," ucap ketua kelomlkk Adel Nurcahyani, Selasa (31/10/2023).

Sukun merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang ada di Indonesia. Memiliki tekstur yang berserat membuat manakanan ini kerap disajikan dengan polopendem lainnya seperti kentang, ketela dan singkong.

Sukun memiliki kandungan karbohidrat kompleks, protein, serat, air, kalium, zat besi, kalsium, magnesium, zinc, dan fosfor. Selain itu, terdapat kandungan nutrisi lain dalam buah sukun. Di antaranya adalah vitamin B, vitamin C, beta karoten, riboflavin, dan niasin.

"Dengan kandungan ini maka orang yang mengalami diabetes bisa mengkonsumsi roti ini," terang Adel.

Adel mengaku sempat beberapa kali dirinya membuat roti tersebut. "Beberapa kali rotinya keras dan kami sudah menemukan resep yang pas untuk roti ini," bebernya.

Adel menjelaskan buah sukun ini dijadikan tepung sehingga bisa dengan mudah dalam mengelola menjadi roti. "Kami juga menggunakan isian roti ini dengan isian yang tidak terlalu manis sehingga memang bisa dikonsumsi masyarakat yang mengalami masalah kesehatan seperti diabetes," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Penemuan mahasiswa Unusa Mahasiswa Unusa Rokuri Buah Sukun