Masyarakat Surabaya Antusias Donor Darah di Healthy Festival

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

28 Desember 2023 12:36 28 Des 2023 12:36

Thumbnail Masyarakat Surabaya Antusias Donor Darah di Healthy Festival Watermark Ketik
(Kanan) Totok Sudarto menujukkan pendonor di Healthy Festival Suara Surabaya. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Acara Healthy Festival yang digelar oleh Suara Surabaya diikuti oleh ratusan peserta yang tertarik untuk donor darah pada Kamis, (28/12/2023).

Dewan Kehormatan Palang Merah Indonesia Kota Surabaya Totok Sudarto menjelaskan acara ini banyak menyedot perhatian masyarakat dan banyak pendonor baru yang tertarik.

"Ada 208 pendaftar 117 berhasil donor. Dari jam 10 sampai jam 17.00 WIB," tuturnya pada Ketik Media.

Foto Masyarakat Surabaya yang ingin mendonorkan darah. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Masyarakat Surabaya yang ingin mendonorkan darah. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

Totok menjelaskan di penghujung tahun banyak masyarakat yang menginginkan donor darah. Menurutnya, saat liburan stok darah PMI berkurang.

"Stok menipis, temen-temen yang giat mendonor, mau banyak lagi," jelas Penggerak Donor Darah Sukarela.

Totok berharap dengan adanya acara ini masyarakat Surabaya atau nantinya penyelenggara bisa menyelenggarakan secara rutin untuk kegiatan donor darah.

"Sehingga kalau pendonor rutin itu seneng katanya, diupayakan rutin. Ini akan menjadi budaya donor darah. Nantinya semuanya lebih sehat dan sejahtera," jelasnya.

Sebagai informasi, donor darah memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, antara lain menjaga keseimbangan zat besi, meningkatkan produksi darah baru, menurunkan risiko kanker, meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan perasaan bahagia. (*)

Tombol Google News

Tags:

donor darah Healthy Festival Suara Surabaya Totok Sudarto Dewan Kehormatan Palang Merah masyarakat Surabaya PMI Surabaya