Melanggar Tradisi, Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024 Digelar di Hamparan Sungai Seine

Jurnalis: Samsul HM
Editor: M. Rifat

22 Juli 2024 04:04 22 Jul 2024 04:04

Thumbnail Melanggar Tradisi, Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024 Digelar di Hamparan Sungai Seine Watermark Ketik
Sungai Seine di Kota Paris menjadi lokasi Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024. (Foto: Ilustrasi Olympics.com)

KETIK, JAKARTA – Pesta olahraga terakbar sedunia Olimpiade Paris 2024 semakin dekat. Empat hari lagi ajang multievent empat tahunan itu dimulai (26/7/2024).

Olimpiade Paris bakal menggelar Opening Ceremony alias Upacara Pembukaan pada Jumat 26 Juli besok. Gelaran ini berlangsung 17 hari penuh sampai Upacara Penutupan diadakan pada 11 Agustus (11/8/2024).

Keinginan tuan rumah Prancis menyajikan Olimpiade edisi ke-33 ini berbeda dan berani langsung mereka wujudkan sejak Opening Ceremony. Prancis mengemas Opening Ceremony dengan 'melanggar' tradisi.

Panitia menyebutkan, acara tersebut bakal dikemas cantik dengan dilaksanakan di hamparan Sungai Seine yang terletak di tengah kota Paris. Bukan di stadion seperti selama ini Upacara Pembukaan Olimpiade dilaksanakan.

“Kami sadar betapa pentingnya Upacara Pembukaan untuk semua kontingen. Pembukaan ini akan menggambarkan sepenuhnya ambisi Paris sebagai tuan rumah. Yakni menyajikan Olimpiade yang berani, tidak biasa dan menunjukkan sisi terbaik Paris,” jelas Tony Estanguet, Ketua Panitia Olimpiade Paris dilansir AFP.

Ratusan perahu telah disiapkan panitia untuk membawa ribuan atlet dan ofisial dari 206 negara yang terlibat di acara tersebut. Nantinya perahu itu akan mereka gunakan dalam parade terapung sepanjang 6 km menyusuri Sungai Seine.

Mereka akan melewati lanskap-lanskap ikonik ibu kota Prancis itu. Seperti di antaranya Pont des Arts dan Pont Neuf. Parade dimulai dari jembatan Austerlitz dan melewati katedral Notre-Dame de Paris lantas berakhir di dekat Menara Eiffel yang menjadi lokasi panggung utama.

Panitia menyebut di sepanjang tepian sungai dan jembatan akan ada beragam acara musik, tarian dan pertunjukan. Sebanyak 300.000 penonton di sepanjang sungai Seine diperkirakan bakal menyaksikan acara tersebut.

Panitia dan Pemerintah kota Paris juga bakal mengerahkan 45.000 aparat keamanan.

“Detail artis yang akan kami tampilkan masih kami rahasiakan, yang jelas pertunjukan ini akan menjadi lukisan dinding besar untuk merayakan Paris, Prancis, dan Olimpiade,” ucap Thomas Jolly, Direktur Artistik Upacara Pembukaan Olimpiade Paris dilansir dari Olympics.com.

Acara bakal dimulai pukul 19.30 waktu setempat. Puncak gelaran ini dijadwalkan terjadi sekitar pukul 21.35 atau bertepatan dengan saat senja tiba atau matahari terbenam di kota Paris.

Olimpiade Paris bakal diikuti 10.714 atlet dari 206 negara. Ada 32 cabang olahraga yang dilombakan dengan total 329 nomor pertandingan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Olimpiade 2024 olimpiade paris Sungai Seine Opening Ceremony Olimpiade