Meninggal di Usia 76 Tahun, Begini Kiprah Paul Cumming di Sepak Bola Indonesia

Jurnalis: Mustopa
Editor: M. Rifat

19 September 2023 09:12 19 Sep 2023 09:12

Thumbnail Meninggal di Usia 76 Tahun, Begini Kiprah Paul Cumming di Sepak Bola Indonesia Watermark Ketik
Potret Paul Cumming semasa hidupnya tetap setia mendukung Arema FC meski sedang sakit. (Foto: Arema FC)

KETIK, MALANG – Kabar duka datang dari pelatih sepak bola asal Inggris, Paul Cumming. Sosok yang menetap di Poncokusumo, Malang tersebut meninggal dunia pada usia 76 tahun, Selasa (19/9/2023).

Nama, Paul Cumming akhir-akhir ini kerap diidentikan dengan Arema FC karena menjadi pendukung klub berlogo Singa Mengepal tersebut. Tak heran, manajemen Singo Edan ikut menyampaikan belasungkawa.

Selama berkiprah di tanah air, pelatih bernama lengkap Paul Anthony Cumming tersebut belum sekalipun mengarsiteki Arema FC. Semasa menjadi pelatih, ia lebih sering menangani klub luar Jawa.

Dilansir situs Transfermarkt, kiprah Paul Cumming di Indonesia dimulai dari Persiraja Banda Aceh. Dia tercatat menukangi klub berjuluk Laskar Rencong tersebut pada tahun 1980.

Namun, sebelum hijrah ke Indonesia, Paul Cumming lebih dulu melatih klub kota kelahirannya, Shrewsbury Town. Ia juga mencoba peruntungan di Bangladesh dan Yordania.

Setelah menangani Persiraja, Paul Cumming tercatat sebagai pelatih Indonesia Muda hingga 1984. Ia kemudian hijrah ke Papua dan menangani Perseman Manokwari, pelatih tim PON Irian Jaya, Persinab Nabire hingga menjadi pelatih kepala PSBL Bandar Lampung.

Paul Cumming juga tercatat sebagai pelatih Persewon Wondama dan tim PON Papua Barat. Terakhir, pria kelahiran 12 Agustus 1947 tersebut menangani PS Tantular Bululawang Malang hingga 2012.

Paul Cumming mendapat status kewarganegaraan Indonesia pada 10 November 1985. Dia menikah dengan Dwi Rahmatus Selfiati dan menetap di Malang, Jawa Timur.(*)

Tombol Google News

Tags:

Paul Cumming Arema FC Sepak bola Indonesia pelatih