Pemprov Jatim Mulai Benahi Transportasi Umum, Pj Gubernur Optimistis Jatim Bisa Saingi Jakarta

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

16 Juli 2024 01:05 16 Jul 2024 01:05

Thumbnail Pemprov Jatim Mulai Benahi Transportasi Umum, Pj Gubernur Optimistis Jatim Bisa Saingi Jakarta Watermark Ketik
Rancangan moda transportasi umum yang akan dikenbangkan di Jatim, Senin (15/7/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Pemprov Jatim mulai serius membenahi moda transportasi umum sehingga bisa bersaing dengan transportasi yang ada di Jakarta. Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono keberlanjutan proyek untuk meningkatkan transportasi di Jawa Timur agar merata.

"Jawa Timur sebenarnya sangat tertinggal dengan DKI Jakarta yang fasilitas transportasinya dapat menyeluruh," ungkap Pj Gubernur Jatim Adhy saat menyampaikan pidato di acara Official Handover Ceremony of The Sustainable Urban Mobility Plan For Surabaya Metropolitan Area yang bertempat di Grahadi, Senin (15/7/2024).

Mengenai hal tersebut pemprov Jatim ingin menjadikan Kota Surabaya menjadi pusat transformasi kota metropolitan di Jawa Timur. Nantinya transportasi baru seperti MRT dan KRL bisa menjadi salah satu yang akan terealisasikan.

"Seperti JLS yang merupakan transportasi darat yang pemprov Jatim gencarkan agar roda perekonomian bisa terjangkau menyeluruh, dan meningkatkan nilai wisata didaerah Jalur Lintas Selatan," papar Adhy.

Selain itu Adhy juga menjelaskan bahwa dari JLS saja respon masyarakat sangat baik hingga bisa meningkatkan pendapatan warga sekitar. Hingga dimanfaatkan warga sekitar menjadi munculnya wisata baru di Jawa Timur. Hal tersebut, menjadikan rencana pengembangan transportasi di Jatim sangat diminati oleh investor.

"Direncanakan akan memulai proyek pembangunan transportasi jalur darat seperti KRL atau MRT dan sebagainya untuk menghubungkan antar kota di Jatim akan dimulai tahun depan (2025)," jelas Adhy.

Adhy juga menambahkan jika sesuai rencana Jatim akan membuat transportasi menyeluruh akan selesai di tahun 2029. Karena pendanaan cukup besar dalam skala anggaran provinsi, proyek tersebut diambil alih oleh Pemerintah Pusat. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pj Gubernur Jatim Pj Gubernur Jatim Adhy Adhy karyono Adhy Transportasi umum di Jatim