Percepat Penyiapan Logistik Pemilu, KPU Jatim Mulai Proses Pengadaan Barang

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

17 Oktober 2023 14:02 17 Okt 2023 14:02

Thumbnail Percepat Penyiapan Logistik Pemilu, KPU Jatim Mulai Proses Pengadaan Barang Watermark Ketik
Ketua KPU Jatim Choirul Anam. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur telah memulai pengadaan berbagai keperluan logistik untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang. Salah satu logistik yang tengah disiapkan adalah kotak suara, bilik suara, tinta dan segel. 

Ketua KPU Jawa Timur Choirul Anam mengatakan, untuk pengadaan dilakukan secara terbuka melalui e-catalog. Sedangkan untuk surat suara saat ini sedang dalam proses lelang. 

"Untuk keperluan pemilu saat ini kami sudah mulai melakukan pengadaan beberapa barang logistik. Semua pengadaan dilakukan melalui e-catalog," jelas Anam saat ditemui di Lapangan Makodam V Brawijaya, Selasa (17/10/2023).

Anam menambahkan, selain pengadaan logistik, terkait penetapan calon legislatif akan diumumkan pada 3 November 2023 mendatang. Sebagai instansi yang berwenang menyelenggarakan pemilu, ia ingin memastikan semua keperluan pemungutan suara bisa siap sesuai target yang ditetapkan.

Selain itu terkait anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS), KPU Jawa Timur sudah mulai melakukan sosialisasi ke tingkat kabupaten kota. Untuk wilayah Jawa Timur sendiri dibutuhkan sekitar 850 ribu anggota KPPS. 

"Untuk anggota KPPS yang nantinya akan bertugas di TPS saat ini sudah mulai disosialisasikan. Nantinya mereka akan diberi penguatan melalui pelatihan," tambahnya.

Sementara itu untuk memudahkan kinerja petugas KPPS dalam menulis berita acara, KPU Jawa Timur akan menyediakan mesin printer dan scan di masing-masing TPS. Hal ini dilakukan sebagai bentuk inovasi dalam melakukan percepatan pemungutan suara saat pemilu 2024 nanti.

"Dengan adanya printer dan alat scan nanti kami berharap proses penulisan berita acara yang selama ini cukup memakan waktu, dapat dilakukan lebih cepat," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

pemilu2024 KPU Jatim Choirul Anam Logistik KPPS TPS