Persatuan Emirat Arab Bahas Kerjasama Bidang AI Dengan Pemprov Jatim

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

27 Juli 2023 08:53 27 Jul 2023 08:53

Thumbnail Persatuan Emirat Arab Bahas Kerjasama Bidang AI Dengan Pemprov Jatim Watermark Ketik
Gubernur Khofifah dan Dubes PEA saat berdiskusi di ruang tengah Gedung Grahadi, Kamis (27/7/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Duta Besar PEA (Persatuan Emirat Arab) untuk Indonesia, H.E Abdulla Salem Al Dhaheri mengunjungi Gedung Negara Grahadi untuk bertemu dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kamis (27/7/2023).

Kedatangan dubes PEA tersebut untuk berdiskusi tentang kerjasama di berbagai bidang dengan Pemerintah Indonesia khususnya Provinsi Jawa Timur. Salah satu sektor yang dibahas adalah mengenai pengembangan Artificial Intelegent (AI) atau kecerdasan buatan. 

"Kami membahas pengembangan kerjasama di berbagai bidang. Namun saat ini kita mengembangkan kerjasama di sektor lain seperti kecerdasan buatan,"Jelas H.E Abdulla Salem Al Dhaheri.

Gubernur Khofifah menambahkan, kerjasama di bidang kecerdasan buatan ini akan diwujudkan dalam bentuk pemberian beasiswa dan pertukaran pelajar. Mengingat saat ini kebutuhan pengembangan kecerdasan buatan sangat mendesak, di tengah kemajuan teknologi. Salah satunya guna mendukung Keppres KEK Singasari yang membutuhkan AI dalam pengoperasiannya.

"Satu satunya universitas yang bergerak di bidang AI adalah MBZ University. Oleh sebab itu kita berharap dapat mengirimkan siswa kita untuk belajar disana, " ungkap Khofifah.

Pada kesempatan tersebut Khofifah juga meminta kesempatan untuk dapat bertemu dengan para Menteri PEA dalam forum bisnis yang rencananya akan digelar pada bulan September 2023 mendatang. Pertemuan ini sangat penting untuk menarik investor berkaitan dengan program strategis yang sudah didiskusikan.

"Jadi tadi saat bisnis forum kita minta waktu untuk bertemu dengan para Menteri dan investor PEA untuk membahas kerjasama," Ucap Khofifah.(*)

Tombol Google News

Tags:

Persatuan Emirat Arab Jawa timur Kerjasama Kecerdasan Buatan Gubernur Khofifah