Pj Adhy Karyono Sebut Baznas Jatim Bantu Tekan Angka Kemiskinan

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

17 Maret 2024 08:33 17 Mar 2024 08:33

Thumbnail Pj Adhy Karyono Sebut Baznas Jatim Bantu Tekan Angka Kemiskinan Watermark Ketik
Penyerahan Zakat dari Pj Gubernur Jatim kepada Baznas Jatim. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono bersama seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kompak menyerahkan zakat dan infaq kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jatim di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (17/3/2024).

Adhy mengatakan bahwa berzakat merupakan kewajiban setiap umat Islam sebagai wujud syukur dan terima kasih atas segala nikmat yang telah dianugerahkan oleh Allah SWT.

Penyaluran zakat dan infaq ini, lanjut Adhy juga merupakan bentuk silaturahmi antara pemberi dan penerima atau sesama.

Adhy mengungkapkan, kegiatan berzakat ini nantinya diikuti oleh semuanya untuk dapat membantu masyarakat miskin. Sampai saat ini, pemerintah terus berikhtiar untuk mengurangi angka kemiskinan utamanya kemiskinan ekstrem.

"Alhamdulillah berkat kerja keras dan kerja bersama berbagai pihak kemiskinan ekstrem turun drastis dari 4,4 persen pada tahun 2020 menjadi 0,82 persen pada Maret 2023," jelasnya.

Menurut Adhy, berzakat membuat tentram hati, karena telah bersih hartanya dari hak fakir miskin dan mustahiq serta bahagia mendapat manfaat dari zakat yang ditunaikan.

"Semoga melalui pengumpulan dan penyaluran dana zakat, infaq dan sedekah bisa menurunkan Kemiskinan Ektreem hingga mencapai target 0 Persen," tambah dia.

Pada awal Ramadan Tahun 2024 ini, Baznas Jatim telah menyalurkan zakatnya 1.000 ibu-ibu ojol dan 500 ibu-ibu pengajian.

"Kami juga akan berkeliling di kabupaten/kota untuk menyalurkan zakat sebanyak 1.000 zakat produktif dan bantuan kepada masyarakat lainnya," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pj Gubernur Jatim Adhy karyono kemiskinan ekstreem Baznas Jatim zakat Ramadan 2024