Plt Bupati Ellya Rosa Sambut Api PON XXI di Rantauprapat, Cerminkan 5 Kesuksesan

Jurnalis: Joko Gunawan
Editor: Muhammad Faizin

6 September 2024 08:20 6 Sep 2024 08:20

Thumbnail Plt Bupati Ellya Rosa Sambut Api PON XXI di Rantauprapat, Cerminkan 5 Kesuksesan Watermark Ketik
Plt Bupati Labuhanbatu saat menghidupkan api PON bagian dari kirap menjelang pelaksanaan PON ke-XXI Aceh-Sumut. (Foto: Joko/Ketik.co.id)

KETIK, LABUHAN BATU – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu, Provinsi Sumut, Hj Ellya Rosa Siregar menyambut rombongan kirab api PON ke-XXI Aceh-Sumut tahun 2024 di lapangan Ika Bina Rantauprapat, Jumat, 6 September 2024 pagi.

Sebelumnya, iring-iringan kirab api PON datang dari arah Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) dan singgah di Masjid Agung Rantauprapat sebagai rute dimulainya pawai menuju lapangan Ika Bina Rantauprapat.

Dikatakan Ellya Rosa, pekan olahraga nasional adalah ajang olahraga terbesar di Indonesia yang dilaksanakan setiap empat tahun sekali dengan pelaksanaan pertamanya di stadion Sriwedari Surakarta/Solo pada 9 September 1948 silam.

PON tahun 2024, ujarnya, merupakan pelaksanaan untuk ke-21 kalinya sekaligus ajang multi olahraga nasional utama yang dijadwalkan berlangsung dari tanggal 9 hingga 20 September 2024 mendatang.

"Ini kali pertamanya diselenggarakan di dua provinsi, yakni Aceh dan Sumatera Utara dengan motto bersatu kita juara dengan logo resmi yang merupakan penggabungan dari elemen rencong, ulos batak dan songket melayu," sebutnya.

Perpaduan berbagai elemen dari dua provinsi tersebut, sambung Ellya Rosa, mencerminkan simbol kemegahan Aceh dan Sumatera Utara serta memiliki arti 5 kesuksesan.

Seperti halnya, kesuksesan penyelenggaraan, prestasi, pemberdayaan ekonomi rakyat, administrasi, dan pemanfaatan fasilitas pasca event. 

Dilanjutkan Plt Bupati Labuhanbatu, PON ke-XXI Aceh Sumut 2024 akan digelar 46 cabang olahraga yang diikuti 39 kontingen yang terdiri dari 38 provinsi dan ibukota nusantara. 

"Kita sebagai masyarakat Labuhanbatu merasa bangga dan bersyukur karena kirab api PON XXI tahun 2024 Aceh Sumut melintasi Kabupaten Labuhanbatu yang kita cintai," akunya.

Kirab Api PON juga bukan sekedar seremonial, tetapi memiliki makna yang sangat mendalam, karena melambangkan semangat sportivitas. (*) 

Tombol Google News

Tags:

PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024 Kirap api cabang olahraga Sportifitas Sportivitas Labuhanbatu Rantauprapat