Putri Cahyani Anggraini, Eks Member JKT48 Jatuh Cinta dengan Kampus UMM

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

28 Februari 2024 17:44 28 Feb 2024 17:44

Thumbnail Putri Cahyani Anggraini, Eks Member JKT48 Jatuh Cinta dengan Kampus UMM Watermark Ketik
Caca, ex member JKT48 gen 6 yang juga merupakan lulusan dari Kampus UMM. (Foto: Humas UMM)

KETIK, MALANG – Putri Cahyani Anggraini akau kerab dipanggil Caca merupakan salah satu eks member JKT48 generasi keenam. Perempuan yang menggemari dunia menyanyi dan menari itu berhasil lulus dari Program Studi Hukum Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Caca telah diwisuda pada periode pertama di bulan Februari 2024 lalu. Selama menempuh pendidikan, ia mengaku telah dibuat jatuh cinta dengan Kampus Putih UMM.

Kecintaannya pada kampus dilatarbelakangi oleh program Center of Excellence (CoE) yang membuatnya berhasil menjalankan magang di dua kantor advokat. Ia merasa tertantang dan membuatnya berambisi untuk terus menggali ilmu tentang hukum yang belum pernah ia pelajari lainnya.

“Sebenarnya, masuk di program CoE dan magang di kantor Advokat merupakan salah satu keisengan saya. Namun ternyata malah jatuh cinta dengan program ini karena saya benar-benar mendapatkan pengalaman nyata di bidang hukum. Saya diajak untuk benar-benar mendalami kasus dan mengimplementasikan berbagai ilmu hukum. Baik perdata maupun pidana,” ujar Caca, Rabu (28/2/2024).

Perempuan asal Sidoarjo itu mengaku mendapatkan banyak manfaat dari proses magangnya. Selama magang ia menjadi lebih serung mencari pengetahuan baru melalui modul dan jurnal. Ia juga selalu memberanikan diri untuk bertanya guna memuaskan hasrat keingintahuannya.

Selain itu Caca juga merasa senang dengan fasilitas yang diberikan oleh UMM. Bahkan untuk mengasah keterampilannya ia bergabung dengan Digital Team UMM Campus. Seringkali ia melakukan kolaborasi demi mendapatkan konten yang ciamik.

“Apalagi saya dan anggota lain tidak hanya bikin konten. Tapi juga diajari tentang grafik perkontenan media sosial. Menurut saya, anak muda memang harus kreatif dan memanfaatkan peluang yang ada dengan maksimal. Semua pasti berawal dari hal kecil,” lanjutnya.

Kecintaannya pada dunia seni bermula ketika sejak kecil sering melihat ibuya menari. Caca yang usianya masih belia itu memutuskan untuk mengikuti banyak ajang kompetisi menari dan menyanyi. Hingga akhirnya pada 2018 lalu ia berhasil lolos menjadi anggota JKT48 dan mendapatkan posisi sebagai singer.

“Bermula dari masuknya menjadi personil di JKT 48, aku memberanikan diri untuk bisa tampil percaya diri. Dan dari situ juga aku mempunyai ciri khas perkenalan (Jikoshoukai) yaitu meskipun aku penakut dan pemalu tetapi aku tidak pernah lelah untuk mencoba,” ujar Caca.

Meskipun sempat merasa berat dan ingin menyerah sebagai mahasiswa Hukum UMM, namun ketekunan dan semangatnya membawa Caca berhasil menuntaskan studinya dan tetap bergelut dengan kegemarannya.(*)

Tags:

Putri Cahyani Anggraini Caca JKT48 Member JKT48 Ex Member JKT48 Riri JKT48 Wisudawan UMM Kampus UMM