Sisi Lain Kepala Bakesbangpol Jatim, Ternyata Hobi Meracik Kopi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Moana

19 Juli 2023 04:34 19 Jul 2023 04:34

Thumbnail Sisi Lain Kepala Bakesbangpol Jatim, Ternyata Hobi Meracik Kopi Watermark Ketik
Kepala Bakesbangpol Jatim, Eddy Supriyanto saat menunjukkan hasil racikan kopinya, Selasa (18/7/2023).(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Di samping kesibukannya sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Timur, Eddy Supriyanto rupanya memiliki hobi atau kegemaran yang cukup unik, yakni meracik kopi. 

Eddy menceritakan bagaimana ia jatuh hati pada racikan kopi saat Jurnalis Ketik.co.id menyambangi kantornya pada Selasa (18/7/2023) kemarin.

Dirinya mengatakan sudah sejak lama menyukai kopi. Berawal dari kunjungan kerja di berbagai daerah.

"Pada saat itu banyak teman-teman yang mengajak ngopi," kata Eddy berkisah. 

Dari situlah, ia banyak mencoba kopi dari berbagai daerah. Lambat laun ia menyadari jika kopi setiap daerah berbeda-beda.

"Saya ini awalnya bukan penikmat kopi, tapi karena tugas dan sering mencoba kopi di berbagai daerah. Saya sadar ternyata rasa kopi tiap daerah beda-beda ya. Dari situlah saya akhirnya tertarik belajar lebih dalam soal kopi," jelasnya.

Kecintaan Eddy terhadap kopi bisa dilihat saat memasuki kantornya, di mana disalah satu sisi dirinya membuat mini bar yang memajang berbagai biji kopi dari berbagai daerah di Indonesia. Khususnya aneka jenis Kopi Jawa. Kemudian ada Kopi Toraja, Kopi Papua, Kopi Bali, Kopi Blitar dan masih banyak lagi.

"Di sini ada kurang lebih 27 jenis kopi, semuanya enak enak. Tapi yang jadi favorit saya itu Kopi Gunung Wilis asal Madiun. Lebih pas di lidah saya," tambahnya.

Sebagai penggemar kopi, Eddy bahkan bisa membuat berbagai macam olahan kopi seperti cappucino, espresso, Americano, caffe latte, bahkan manual brew.

Keahlian ini didapatkan dari belajar secara otodidak. Lewat keahliannya, Eddy sering menyajikan kopi buatannya kepada para teman, kolega atau rekan kerja yang berkunjung ke kantornya.

"Saya belajar itu lewat otodidak dan kadang-bertanya pada ahlinya. Dan tiap ada biji kopi baru saya pasti coba beberapa kali hingga tau bedanya, oh kopi ini aroma dan rasanya seperti ini," ucapnya.

Akan tetapi, walaupun menyukai kopi tetapi dirinya bukan seorang penikmat kopi. Eddy justru lebih suka disebut sebagai peracik kopi.

Dalam keseharian pria yang dahulu sempat menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Wilayah Madiun ini hanya mengonsumsi kopi sesekali. Terutama olahan Americano yang menjadi favoritnya.

"Saya sendiri bukan penikmat, tapi lebih ke peracik atau pembuat kopi. Saya suka buatin kopi buat teman-teman. Saya sendiri minum kopi hanya sesekali kalau pengen," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kepala Bangkesbangpol Jatim Eddy Supriyanto Kopi Meracik Jawa timur manual brew americano