Terseret Ombak Pantai Jembatan Panjang, Mahasiswi Spanyol Terdampar di Pulau Tak Berpenghuni

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Marno

10 Juli 2023 09:24 10 Jul 2023 09:24

Thumbnail Terseret Ombak Pantai Jembatan Panjang, Mahasiswi Spanyol Terdampar di Pulau Tak Berpenghuni Watermark Ketik
Ana, mahasiswa asal Spanyol berhasil selamat. (Foto: Humas UB)

KETIK, MALANG – Dua korban yang terseret ombak di Pantai Jembatan Panjang akhirnya berhasil ditemukan dalam kondisi selamat. Mereka ialah Ana, mahasiswa Spanyol yang ditemukan pada Minggu (9/7/2023) dan Ruspandi pada Sabtu (8/7/2023). 

Anggota Pengemas Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Brawijaya (UB) menjelaskan, Anna berhasil selamat dengan memegangi papan selancar supaya tidak tenggelam. Saat diterjang ganasnya ombak, ia berusaha menjaga ketenangannya dan berenang ke tepi pantai tak berpenghuni.

Ia pun berupaya untuk tetap bertahan di pulau tersebut hingga keesokan harinya.

"Ana mengaku dirinya selamat setelah berenang ke tepi pantai yang tak berpenghuni. Ia berusaha untuk bertahan hingga menjelang matahari terbit dengan membuat lubang pasir untuk ditiduri. Selama semalam dia tidur di pantai tersebut," kata Aurick. 

Ketika berada di pulau tersebut seorang diri, ia sempat melihat sorotan senter dari pantai. Hingga pada esok harinya, Ana berjalan kaki untuk mencari pertolongan. 

Ia mengikuti jalan setapak selama empat hingga lima jam. Pada akhirnya, ia berhasil bertemu dengan warga dan langsung dibawa ke posko.

"Kami melanjutkan pemeriksaan dan perawatan saat di Puskesmas Bantur. Dia dehidrasi sedang dan mendapatkan perawatan luka yang dialami oleh Ana," lanjutnya.

Dari Puskesmas Bantur, Ana kemudian dibawa ke Rumah Sakit Universitas Brawijaya (RSUB) untuk mendapatkan perawatan insentif.

Sementara itu, korban yang selamat lainnya yaitu Ruspandi berhasil bertahan dengan memeluk batang kayu. Diketahui bahwa ia merupakan ketua Panitia Wisata dan juga mahasiswa UB jurusan Ilmu Administrasi Publik. 

Selama sembilan jam Pandi mengapung dan bertahan hidup di tengah laut sekitar Pantai Kondang Merak. Ia terseret ombak ganas hingga sejauh 0,586 kilometer dari tempat kejadian.(*)

Tombol Google News

Tags:

Mahasiswa tenggelam Pantai Jembatan Panjang FK UB Terseret Ombak