Tok! DPR Gelar Paripurna Sahkan Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Editor: Shinta Miranda

13 Desember 2022 04:15 13 Des 2022 04:15

Thumbnail Tok! DPR Gelar Paripurna Sahkan Yudo Margono Jadi Panglima TNI Watermark Ketik
Potret Laksamana Yudo Margono. (Foto: Instagram: yudo_margono88) 

KETIK, JAKARTA – Hari ini, DPR RI akan menggelar Sidang Paripurna pada hari ini, Selasa (13/12/2022) dengan agenda pengesahan hasil fit and proper test calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.  

"Selasa (13/12) ada Sidang Paripurna DPR, tetapi agendanya tunggal hanya menyetujui dan mengesahkan hasil fit and proper test calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono saja oleh Komisi I DPR, pekan lalu,” kata Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar, Senin (12/12/2022). 

Diketahui, Laksamana Yudo telah menjalani proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sebagai calon panglima TNI. Nama Laksamana Yudo diusulkan secara tunggal oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada akhir November lalu. 

Komisi I DPR menggelar fit and proper test terhadap Laksamana Yudo, Jumat (2/12) lalu. Hasilnya, Komisi I DPR telah menyetujui pengangkatannya sebagai panglima TNI yang baru. 

Keputusan itu diumumkan oleh Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid sekaligus yang memimpin proses uji kelayakan tersebut. 

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI," kata Meutya mengetok palu tanda persetujuan. 

Visi dan misi Yudo Margono 

Kala memaparkan visi misinya di hadapan DPR Komisi Pertahanan, Yudo berjanji tidak bakal ada lagi oknum prajurit arogan jika dirinya terpilih sebagai Panglima TNI. 

"Apabila nantinya saya dipercaya menjadi Panglima TNI, saya akan mengerahkan segala dan upaya agar tidak ada lagi oknum-oknum TNI yang melakukan hal tidak terpuji serta bersikap arogan yang dapat merugikan dan menyakiti hati rakyat," ujar Yudo di Komisi I DPR RI, Jakarta Pusat, Jumat, 2 Desember 2022. 

Menurut Yudo, TNI harus selalu menyatu dan hadir di tengah rakyat sebagai problem solver dan harus selalu bersikap humanis. Sebagai tentara rakyat, Yudo menyebut karakter yang dimiliki prajurit adalah karakter yang tegas namun tetap humanis dan disegani tapi bukan ditakuti. 

"Wajib, TNI harus menjadi pedoman bagi seluruh prajurit untuk bersikap ramah tamah, dan sopan santun terhadap rakyat, tidak sekali-kali merugikan, menyakiti dan manakuti hati rakyat," kata Yudo. 

Laksamana Yudo Margono menjadi satu-satunya calon Panglima TNI yang diserahkan namanya oleh Presiden Jokowi ke DPR R. Yudo menjadi panglima pertama di era Jokowi yang berasal dari Angkatan Laut. (*)

Tombol Google News

Tags:

DPR RI Yudo Margono Panglima TNI