Cara Menyimpan Wortel Agar Tahan Lama

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

4 Oktober 2023 23:00 4 Okt 2023 23:00

Thumbnail Cara Menyimpan Wortel Agar Tahan Lama Watermark Ketik
Wortel. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Wortel adalah salah satu sayuran yang sering disajikan diatas meja makan. Hal ini tidak mengherankan karena sayuran ini memiliki citarasa yang manis selain itu kandungan nutrisinya juga terbilang cukup lengkap terutama kandungan betakarotennya yang baik untuk mata dan kulit.

Namun seperti halnya sayuran wortel juga rentan busuk jika tidak disimpan dengan baik. Apalagi jika kamu menyetoknya dalam jumlah yang cukup banyak dirumah. Berikut ini ada tips dan cara mudah yang bisa dicoba agar wortel bisa tahan lama disimpan di kulkas.

1. Rendam dalam air

Cara pertama kamu dapat memotongnya dengan ukuran sesuai wadahnya. Kemudian masukkan wortel dan rendam dengan air hingga tenggelam. Lalu simpan dalam kulkas. Jika airnya keruh kamu dapat menggantinya secara berkala.

2. Taruh di freezer

Cara kedua kamu dpaat menaruhnya didlaam freezer, tetapi terlebih dahulu kupas wortel hingga bersih. masukkan dalam wadah plastik. Bisa juga disimpan dalam wadah kedap udara. Kemudian simpan di dalam freezer. Dengan cara ini, wortel bisa tahan hingga berminggu-minggu.

3. Simpan dalam keadaan segar

Jika stok wortel kamu tidak terlalu banyak, dan kamu berencana mengolahnya dalam waktu dekat. Kamu dpaat menyimpan wortel dalam kondisi segar. Kamu dapat menaruhnya dalam kulkas. Dengan cara ini wortel akan bertahan selama 3 harian.

4. Simpan dalam wadah yang dilapisi kertas.

Agar lebih tahan lama, wortel dapat disimpan dalam keadaan kering. Caranya sangat mudah siapkan wadah yang sudah dilapisi oleh kertas, kemudian taruh wortel diwadah tersebut sebelum ditaruh dalam kulkas.(*)

Tombol Google News

Tags:

sayuran wortel simpan kulkas tips Betakaroten