Catat! Ini 4 Makanan Sumber Vitamin D

Jurnalis: Mustopa
Editor: Muhammad Faizin

19 September 2023 04:38 19 Sep 2023 04:38

Thumbnail Catat! Ini 4 Makanan Sumber Vitamin D Watermark Ketik
Telur merupakan salah satu sumber vitamin D (Foto: Everydayhealth)

KETIK, JAKARTA – Vitamin D sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kekuatan tulang hingga meningkatkan sistem imun. Vitamin D juga bisa membantu mencegah penyakit kanker.

Vitamin D sebenarnya bisa didapatkan secara alami dengan berjemur di bawah sinar matahari pada pukul 10 hingga 12 siang. Tubuh akan lebih cepat memproduksi vitamin D dalam kurun waktu tersebut.

Selain berjemur, ada beberapa makanan yang juga bisa menjadi sumber vitamin D. Berikut beberapa di antaranya:

Ikan

Vitamin D juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi ikan. Ikan yang menjadi sumber vitamin D adalah salmon, ikan sarden dan tuna kaleng. Khusus untuk Salmon sebaiknya dimasak dengan cara dipanggang.

Telur

Telur juga kaya akan vitamin D, terutama di bagian kuningnya. Untuk mendapatkan manfaat vitamin D, telur bisa dikonsumsi dengan cara digoreng atau dikukus. 

Olahan Susu

Beberapa produk olahan susu juga bisa menjadi pilihan dalam memenuhi kebutuhan vitamin D seperti keju, yoghurt. Produk ini juga baik untuk penyerapan kalsium.

Daging Merah

Sumber vitamin D lainnya adalah daging merah, baik daging sapi, kambing maupun domba. Akan tetapi, daging merah ini tidak bisa dikonsumsi berlebihan karena bisa meningkatkan kolesterol.(*)
 

Tombol Google News

Tags:

Vitamin D telur ikan salmon Daging Merah