Hindari 4 Hal Ini untuk Menjaga Kesehatan Baterai Smartphone

Jurnalis: Mustopa
Editor: Marno

23 Agustus 2023 17:02 23 Agt 2023 17:02

Thumbnail Hindari 4 Hal Ini untuk Menjaga Kesehatan Baterai Smartphone Watermark Ketik
Mengisi daya smartphone (Foto: 91mobiles)

KETIK, JAKARTA – Baterai merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah smartphone. Baterai menjadi sumber daya listrik utama agar ponsel pintar bisa dioperasikan.

Karena itu, menjaga baterai tetap tahan lama menjadi sebuah keharusan. Apalagi untuk menggantinya saat ada masalah, harganya tidak lah murah.

Nah, untuk menjaga kesehatan baterai, ada beberapa hal yang harus dihindari. Berikut 4 di antaranya:

Hindari Pengisian Sampai Penuh

Untuk menjaga baterai ponsel tetap awet, hindari mengisi daya sampai penuh. Cara terbaik adalah mengisi daya sebagian untuk memperpanjang masa pakai baterai.

Selain itu, ponsel sebaiknya dicas sebelum dayanya habis. Idealnya, pengisian dilakukan ketika daya baterai 20 persen dan dihentikan saat mencapai 80 persen.

Hindari Dingin dan Panas Ekstrem

Panas dan dingin yang ekstrem dapat merusak kesehatan baterai. Karena itu, hindari menggunakan atau menyimpan ponsel di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Ponsel tidak boleh terkena paparan sinar matahari secara langsung. Sementara di tempat dingin, gunakan casing yang cukup tebal untuk menjaganya tetap hangat.

Hindari Penggunaan Ponsel saat Mengecas

Menggunakan ponsel sambil ngecas sudah menjadi sebuah kebiasaan akhir-akhir ini. Padahal, tindakan itu bisa berdampak buruk terhadap masa pakai baterai.

Kebiasaan ini juga membuat ponsel menjadi panas. Hal itu juga dapat merusak kesehatan baterai karena panas menjadi musuh baterai Lithium-ion.

Hindari Pengisi Daya Palsu

Penggunaan pengisi daya yang tidak asli juga bisa berpengaruh terhadap masa pakai baterai. Sebab, produk imitasi biasanya tidak mampu bekerja maksimal.

Pengisi daya imitasi biasanya sering digunakan karena harganya lebih murah. Namun, aksesoris tersebut dapat merusak baterai smartphone secara serius.(*)

Tombol Google News

Tags:

Baterai masa pakai kesehatan baterai