Pasca Libur Sampah Meningkat, DLH Kerahkan 19 Armada

Jurnalis: Almi Raisyah
Editor: Rudi

3 Mei 2023 09:43 3 Mei 2023 09:43

Thumbnail Pasca Libur Sampah Meningkat, DLH Kerahkan 19 Armada Watermark Ketik
Petugas kebersihan DLH Kota Pagaralam angkut sampah di kawasan objek wisata Eks MTQ, pascaLebaran Idul Fitri 1444 H volume sampah cukup meningkat. (Foto; Al/Ketik.co.id)

KETIK, PAGAR ALAM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pagaralam mengatakan jumlah sampah meningkat usai Lebaran Idul Fitri 2023. Sampah tersebut dikirim ke tempat pembuangan akhir (TPA) Simpang Padang Karet, Kelurahan Besemah Serasan, Kecamatan Pagaralam Selatan.

            “Ya, pascaLebaran Idul Fitri 1444 H volume sampah memang ada peningkatan bila dibandingkan pada hari biasanya, yang diangkut dan buang ke lokasi TPA Simpang Padang Karet,” jelas  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pagaralam, Dekky Aprizal SP melalui Kabid Persampahan, Ermedi Kurnianta SE MM, Rabu (3/5)

Mengangkut sampah-sampah itu, sebut Ermedi, pihaknya mengerahkan 19 armada mobil sampah yang setiap hari beroperasional mengangkut sampah, baik itu berada di area wisata hingga pusat Kota Pagaralam.

“Armada yang kita kerahkan itu ada 19 buah mobil sampah. Berdasarkan hasil pengalaman kita di tahun-tahun sebelumnya, yakni di H+7, H+8 dan H+9 itu masih ada peningkatan volume sampah, terutama sampah berada di daerah keramaian seperti pasar dan tempat rekreasi di kawasan Gunung Dempo dan sekitarnya,” bebernya.

Sebagai langkah antisipasi peningkatan tonase sampah, sambung Ermedi, pihaknya juga memaksimalkan petugas kebersihan yang menggunakan kendaraan motor roda tiga untuk mengangkut sampah rumah tangga yang sempat tertinggal di tempat sampah masing-masing rumah warga, kemudian dikirim ke TPA.

“Untuk memaksimalkan peningkatan tonase sampah rumah tangga, kita sudah kerahkan petugas kebersihan dan motor roda tiga. Dan kita berharap dengan optimalisasi yang telah kita lakukan dalam mengatasi sampah, selain petugas kebersihan dan pengakutan sampah diharapkan bantuan masyarakat untuk membantu membuang sampah pada tempatnya, serta membuang sampah sebelum mobil pengangkut sampah datang agar tidak ada lagi sampah berserakan,” imbuhnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

sampah libur lebaran angkut Petugas mobil