Pesona 3 Objek Wisata Alam di Kabupaten Magetan

Jurnalis: Mustopa
Editor: Naufal Ardiansyah

4 Agustus 2023 02:12 4 Agt 2023 02:12

Thumbnail Pesona 3 Objek Wisata Alam di Kabupaten Magetan Watermark Ketik
Tim Ketik.co.id berpose di salah satu spot foto favorit wisata alam Telaga Sarangan, Magetan. (Foto: Naufal/Ketik.co.id)

KETIK, MAGETAN – Magetan adalah salah satu kabupaten yang berada di ujung barat Jawa Timur sehingga kerap dijuluki The Sunset of East Java. Wilayah ini berbatasan dengan provinsi Jawa Tengah, lebih tepatnya dengan Kabupaten Wonogiri dan Karanganyar.

Lokasinya yang berada di kaki Gunung Lawu membuat Magetan kaya akan wisata alam seperti danau dan air terjun. Salah satunya adalah Telaga Sarangan yang menjadi primadona di Jawa Timur.

Berikut 3 objek wisata alam di Kabupaten Magetan yang sangat recommended untuk dikunjungi:

Telaga Sarangan 

Telaga Sarangan salah satu wisata yang cukup populer di Magetan, yakni berupa danau yang masih alami. Telaga Sarangan ini memiliki luas sekitar 30 hektar dengan ketinggian 1.200 mdpl dan kedalaman 28 meter dari dasarnya.

Objek wisata ini berada di lereng Gunung Lawu dan dikelilingi pepohonan hijau yang rindang. Dengan air yang jernih dan bersih wisata ini patut untuk dikunjungi pada saat liburan bersama keluarga.

Foto Wisatawan mengelilingi Telaga Sarangan dengan menaiki kuda.Wisatawan mengelilingi Telaga Sarangan dengan menaiki kuda. (Naufal/Ketik.co.id)

Pengunjung bisa berkeliling telaga menggunakan speed boat dengan tarif Rp 200.000 untuk 2 kali putaran. Selain itu ada juga penyewaan kuda di pinggir telaga dengan tarif Rp 70.000 per satu kali putaran. 

Telaga sarangan beralamat di Ngluweng, Sarangan, Kecamatan Plaosan, Magetan, Jawa Timur . Tiket masuk yang harus dibayar sebesar Rp 25.000 untuk dewasa, dan 10.000 untuk anak-anak.

Rasanya tak lengkap berwisata ke Telaga Sarangan jika tak menginap di Hotel Rejeki 1 dan Hotel Rejeki 2. Lokasinya berada di kawasan Telaga Sarangan, tepatnya di pintu masuk. Hotel ini menjadi salah satu tempat penginapan favorit wisatawan. 

Air Terjun Tirtosari

Air Terjun Tirtosari ini juga bagian dari objek wisata yang ada di Telaga Sarangan dengan ketinggian sekitar 50 meter. Di tempat ini banyak sekali spot yang bisa dijadikan pengunjung untuk selfie.

Banyaknya perkebunan dan hutan di sekitar objek wisata ini menambah keindahan Air Terjun Tirtosari. Airnya juga sangat segar, karena mata airnya berasal dari pegunungan.

Lokasi wisata ini beralamat di Sampe, Ngancar, Plaosan, Magetan, Jawa Timur. Dengan tiket masuk Rp.10.000, kalian bisa menikmati pemandangan yang menyegarkan mata.

Taman Genilangit

Tempat wisata di Magetan ini sangat Instagramable untuk kalian yang suka berswafoto. Terdapat banyak spot-spot foto yang bisa kalian abadikan di Taman Genilangit. 

Para pengunjung juga bisa menikmati wahana dan spot lain yang juga seru. Diantaranya, wahana Sepeda Terbang, Spot Kupu-Kupu Dan Spot Perahu Di Bibir Jurang, Taman Bermain anak-anak, dan juga cafe yang cocok untuk nongkrong..

Objek wisata ini terletak di Desa Genilangit Kecamatan Poncol. Kalian hanya perlu membayar Rp. 10.000 untuk masuk ke Taman Genilangit.(*)

Penulis: Fajar Anung Setyawan, siswa magang di Ketik.co.id dari SMK Yosonegoro, Magetan 

Tombol Google News

Tags:

Wisata Alam Magetan telaga sarangan Wisata Sarangan Air Terun Tirtosari Taman Genilangit