Simak! Ini Tips Bikin CV yang Menarik agar Dilirik HRD

Jurnalis: Mustopa
Editor: M. Rifat

7 Juli 2023 23:00 7 Jul 2023 23:00

Thumbnail Simak! Ini Tips Bikin CV yang Menarik agar Dilirik HRD Watermark Ketik
Ilustrasi Curriculum Vitae. (Foto: rockaquajays.biz)

KETIK, JAKARTA – Curriculum Vitae (CV) merupakan dokumen penting ketika melamar pekerjaan di perusahaan. CV berisi informasi yang bisa memengaruhi recruiter atau tim HRD untuk mempertimbangkan apakah kita layak dipanggil atau tidak.

Karena itu, penting mengetahui cara membuat CV yang bagus dan menarik. Sehingga para pemberi kerja tidak perlu berpikir panjang untuk memberi kesempatan interview.

Berikut beberapa tips membuat CV bagus dan menarik yang dirangkum Ketik.co.id dari berbagai sumber.

Singkat dan Jelas

Buatlah CV yang singkat dan jelas. Upayakan untuk mencantumkan informasi yang benar-benar penting dan dibutuhkan.

Idealnya, CV tidak lebih dari dua halaman kertas A4. CV harus berisi informasi pribadi seperti profil, kontak, latar belakang pendidikan, keahilan hingga pengalaman. 

Informasi yang Relevan

Ketika mencantumkan pengalaman maupun keahlian, usahakan untuk memasukkan informasi yang relevan dengan posisi yang kita lamar. Hindari mencantumkan informasi yang tidak berhubungan.

Bagi yang baru lulus kuliah, tuliskan pengalaman selama di kampus. Jika pernah punya kesempatan magang di perusahaan/instansi juga bisa dicantumkan.

Tonjolkan Kelebihan

Jika menuliskan deskripsi pengalaman atau keahlian, tonjolkan kelebihan yang kita miliki. Karena itu bisa memengaruhi penilaian recruiter atau tim HRD.

Jika ada ruang untuk menuliskan capaian atau penghargaan yang diraih juga semakin bagus. Prestasi yang pernah kita raih bisa menjadi nilai tambah.

Hindari Kesalahan

CV harus dibuat dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Hindari kesalahan sekecil mungkin, baik dari segi tata bahasa maupun penulisan.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa ulang CV yang kita buat. Bila diperlukan, kita bisa meminta bantuan teman demi menghindari kesalahan.(*)

Tombol Google News

Tags:

CV resume Curriculum Vitae