Tim IOX PALA 2023 Gelar Aksi Baksos

Jurnalis: Almi Raisyah
Editor: Marno

10 Mei 2023 13:26 10 Mei 2023 13:26

Thumbnail Tim IOX PALA 2023 Gelar Aksi Baksos Watermark Ketik
Peserta IOX PALA 2023 gelar baksos, dengan menyerahkan bantuan Alquran kepada pengurus Masjid Al Mu’minin, Dusun Keraduk di kawasan Kelurahan Agung Lawangan. (Foto; Al/Ketik.co.id)

KETIK, PAGAR ALAM  Tak hanya berjibaku jelajah area menantang dan menembus alam hutan di wilayah Kota Pagaralam, offroader peserta Indonesia Offroad eXpedition (IOX) Pagaralam – Lampung (PALA) 2023 juga menggelar bakti sosial (baksos). Kegiatan itu dilakukan di Dusun Keraduk, Kelurahan Agung Lawangan, Kecamatan Dempo Utara, yang juga area yang  dilalui para offroader IOX.

“Untuk efek domino yang dirasakan masyarakat Pagaralam, seperti kita ketahui jika para peserta ini berbelanja di Pagaralam memenuhi kebutuhan logistik yang setiap mobil offroad, minimal persiapan dalam waktu seminggu ke depan,” jelas Ketua Panitia IOX PALA 2023 Alpian Maskoni SH, yang juga menjabat Wali Kota Pagaralam.

Menurut Piuk, sapaan akrab wali kota di kalangan off roader, bila ada peserta ekspedisi yang tertinggal di PC 3, PC 5 merupakan hal yang biasa.

Kejadian itu bukan masalah karena seluruh peserta dibekali dengan alat GPS. Sesuai dengan jadwal yang ditentukan, maka perjalanan IOX PALA 2023 ini dimulai start 7 Mei dan finish di Kalianda Lampung itu 20 Mei 2023 mendatang.

“Pada kegiatan ini  kita tak hanya melintasi bentangan alam Pagaralam yang luar biasa dan memiliki rute menantang super ekstrem. Kita juga mengadakan aksi baksos yang kita lakukan di kawasan Dusun Janang. Baksos itu berupa pemberian Alquran, baik itu kepada Pengurus Masjid maupun PAUD,” ungkapnya.

Menurutnya baksos itu merupakan rangkaian kegiatan dari IOX PALA 2023, selain peduli lingkungan juga peduli kepada masyarakat.

Sedangkan tujuan dari ekspedisi offroad IOX PALA 2023 tak hanya untuk menikmati alam dan budaya setempat. Kegiatan ini juga turut memperkenalkan Kota Pagaralam sebagai satu-satunya Kota di dunia yang kebutuhan pasokan listriknya sepenuhnya dipenuhi dari Energi Baru Terbarukan (EBT).

Mengenai perjalanan offroad super ekstrem pada ajang IOX PALA 2023, sebut Piuk, para peserta akan menempuh jarak 689 Km dalam waktu 14 hari. Terkait Pagaralam dipilih sebagai start pelaksanaan IOX PALA 2023, mengingat Kota Pagaralam belum pernah dieksplor untuk kegiatan offroad adventure.

Kota Pagaralam merupakan daerah dingin. Secara bentang alam tak jauh berbeda dengan daerah lain. Uniknya kontur tanah di Pagaralam yang menjadi tantangan tersendiri bagi para offroader.  

“Khusus medan ekstrem offroad di Pagaralam pada IOX PALA 2023 ada di area Kibuk. Tentunya event ini kita (Pagaralam) diuntungkan, karena banyak yang datang ke Pagaralam, tanpa menggunakan anggaran Pemkot Pagaralam. Makanya kita melibatkan semua OPD untuk melihat event ini. Tentunya event ini juga menjadi suatu tontonan bagi masyarakat Pagaralam,” pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

bakti sosial tim offroad IOX PALA pagar alam Lampung