Tingkatkan Pengetahuan Demam Berdarah, Dosen Unitri Kembangkan Edu DBD Game

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

30 Agustus 2024 08:19 30 Agt 2024 08:19

Thumbnail Tingkatkan Pengetahuan Demam Berdarah, Dosen Unitri Kembangkan Edu DBD Game Watermark Ketik
Penerapan Edu DBD Game oleh Tim Dosen Unitri kepada siswa. (Foto: Swaidatul Masluhiya AF)

KETIK, MALANG – Tim Dosen Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang mengembangkan Edu DBD Game. Inovasi tersebut digunakan untuk mengetahui pengetahuan siswa terkait Demam Berdarah Dengue (DBD) melalui media Quizizz dan booklet.

Swaidatul Masluhiya AF, ketua peneliti menjelaskan Edu DBD Game diterapkan kepada siswa SMP NU Sunan Kalijogo, Kepanjen, Kabupaten Malang. Dari penelitian yang dilakukan, terdapat peningkatan signifikan terhadap pengetahuan siswa terkait DBD.

"Quizizz itu sebagai media interaktif dan kompetitif untuk membantu meningkatkan minat dan retensi siswa terhadap materi. Siswa juga diberi booklet berisi referensi yang mudah dipahami," ujarnya, Jumat 30 Agustus 2024.

Penelitian yang dilakukan dapat memberi evaluasi terhadap pendidikan kesehatan yang diterima oleh siswa. Terlebih siswa akan diberikan pemahaman terkait penyebab, gejala, hingga cara pencegahan DBD.

"Dengan meningkatkan pengetahuan siswa tentang DBD, diharapkan mereka dapat menjadi agen perubahan di lingkungan sekolah dan masyarakat," lanjutnya.

Sebelumnya siswa masih memiliki pengetahuan yang minim terhadap DBD. Namun usai mendapatkan pendidikan kesehatan melalui Edu DBD Game, terdapat peningkatan terkait pemahaman dari para siswa.

"Evaluasi berkelanjutan diperlukan untuk menilai dampak jangka panjang dari intervensi terhadap perubahan perilaku siswa. Program ini memiliki potensi besar dalam membantu mengurangi penyebaran DBD melalui pendidikan kesehatan yang efektif dan inovatif," tuturnya.

Ia berharap inovasi Edu DBD Game dapat diterapkan di sekolah-sekolah lainnya. Terlebih dengan tingginya kesadaran siswa dapat berkontribusi terhadap upaya pencegahan dan pengendalian DBD di masyarakat.

"Mengingat efektivitas Edu DBD Game dalam meningkatkan pengetahuan tentang DBD, game ini disa diadaptasi di sekolah lain," tutupnya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Edu DBD Game dbd Demam Berdarah Inovasi Unitri Universitas Trubhuwana Tunggadewi