Tornado Melanda Kawasan Wisata Gunung Bromo, Berikut Penjelasan BB TNBTS

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

17 Juli 2024 14:00 17 Jul 2024 14:00

Thumbnail Tornado Melanda Kawasan Wisata Gunung Bromo, Berikut Penjelasan BB TNBTS Watermark Ketik
Tornado yang melanda kawasan lautan pasir wisata gunung Bromo. (Foto: Tiktok @ladubbromo)

KETIK, MALANG – Angin Puting beliung atau Tornado melanda Kawasan Wisata Gunung Bromo. Terlihat dari akun Tiktok @ladubbromo, puting beliung terjadi di kawasan lautan pasir gunung Bromo. Nampak juga beberapa pengunjung panik atas kejadian tersebut.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) Septi Eka Wardhani menyampaikan fenomena itu merupakan hal biasa yang terjadi di kawasan lautan pasir Bromo dan sekitar. Terutama saat musim panas dan kering. 

"Fenomena ini pada umumnya terjadi di daerah yang memiliki lapisan pasir dan debu seperti daerah gurun atau padang pasir," jelasnya, Rabu (17/7/2024).

Septi menjelaskan, fenomena tersebut dikenal dengan nama 'dust devil'. Secara visual tampak seperti pusaran angin mirip seperti tornado yang membawa debu dan pasir, namun dengan ukuran yang relatif lebih kecil dari tornado.

"Dust devil pada umumnya tidak dianggap berbahaya karena kecepatan angin dari dust devil cenderung lebih rendah daripada tornado," tambahnya.

Meski tidak berbahaya, pihak BB TNBTS menyarankan agar pengunjung untuk menghindari atau menjauh jika melihatnya. Namun, jika terlanjur berada sangat dekat dengan pusaran angin tersebut, disarankan untuk diam sejenak sambil menutup mata.

Serta melindungi hidung atau saluran pernapasan hingga pusaran angin hilang. "Namun, apabila berada terlalu dekat dengan dust devil, debu dan pasir yang terangkat oleh angin akan sangat mengganggu," tegasnya. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Wisata Bromo Angin Puting beliung Tornado Taman Nasional Bromo Tengger Semeru