Wisatawan Mancanegara Tersentuh Melihat Upacara HUT Kemerdekaan RI di Kota Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Marno

17 Agustus 2023 06:47 17 Agt 2023 06:47

Thumbnail Wisatawan Mancanegara Tersentuh Melihat Upacara  HUT Kemerdekaan RI  di Kota Malang Watermark Ketik
Veerle bersama keluarganya usai menyaksikan Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di sekitar Balai Kota Malang (foto: Lutfia/ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Semangat upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Kota Malang rupanya membuat wisatawan mancanegara ikut tersentuh. 

Salah satunya ialah Veerle yang menyaksikan pelaksanaan upacara bersama warga lainnya di sekitar Balai Kota Malang pada Kamis (17/8/2023). Ditemani oleh keluarganya, Veerle mengungkapkan mereka mampu merasakan dan memahami perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaannya.

"Tentu kami mengerti mengapa acara hari ini sangat sakral. Dalam peringatan ini membuat saya merasa tersentuh. Kami tahu bagaimana perjuangan rakyat Indonesia sebelum meraih kemerdekaannya ini," jelas warga kebangsaan Belgia tersebut.

Tak hanya sakral, ia merasa bahwa peringatan HUT Kemerdekaan RI di Kota Malang mirip dengan suasana sebuah festival. Ia juga mengerti alasan dari banyaknya masyarakat yang hadir meskipun hanya menyaksikan di pinggir-pinggir area Balai Kota Malang.

"Kami merasa ini seperti festival. Kami juga bisa merasakan bagaimana orang-orang di sini menganggap bahwa hari ini merupakan peringatan yang sangat penting," sebutnya.

Upacara tersebut sangat menarik baginya, mengingat Veerle dan keluarga masih awam dengan tradisi yang ada di Kota Malang khususnya saat perayaan Hari Kemerdekaan.

"Ini adalah peringatan Hari Kemerdekaan, maka kami sebagai turis ingin melihat bagaimana mereka di sini memperingati atau merayakan hari kemerdekaannya," tambahnya.

Ia mengaku baru empat hari berkunjung ke Kota Malang untuk berlibur bersama keluarga. Di Hari Kemerdekaan ini, Veerle ini menyaksikan karnaval yang dilakukan oleh para pelajar maupun masyarakat umum. Sayangnya mereka tidak mengetahui informasi terkait pelaksanaan karnaval tersebut.

"Kami sebenarnya ingin melihat karnaval dari para pelajar, tapi kami tidak tahu di mana dan kapan penyelenggaraannya. Jadi ya kami datang ke pusat Kota Malang dan ternyata di sini ada Upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

wisatawan mancanegara Kota Malang HUT ke 78 Kemerdekaan RI Hari Kemerdekaan