Eksklusif! Suasana Terkini Detik-detik Upacara Kemerdekaan Perdana di Istana Negara IKN

Jurnalis: Naufal Ardiansyah
Editor: Muhammad Faizin

17 Agustus 2024 01:42 17 Agt 2024 01:42

Thumbnail Eksklusif! Suasana Terkini Detik-detik Upacara Kemerdekaan Perdana di Istana Negara IKN Watermark Ketik
Kereta otonom atau autonomous rail transit (ART) melaju membawa tamu upacara di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN). (Foto: Naufal/Ketik.co.id)

KETIK, IBU KOTA NUSANTARA – Ketik berkesempatan meliput langsung momen bersejarah Upacara Kemerdekaan ke-79 RI yang pertama kali digelar di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu (17/8/2024).

Pantauan jurnalis Ketik.co.id di kawasan Istana Negara IKN sekitar pukul 08.30 WITA, tamu undangan mulai memadati kawasan utama Upacara.

Mereka mengenakan pakaian adat daerah. Sebelum memasuki area Istana Garuda, mereka wajib melalui pintu pemeriksaan metal detector yang dijaga ketat oleh Pampampres.

Semua tamu wajib menunjukkan ID khusus dan buku undangan supaya bisa mendapatkan akses masuk.

Berbagai ornamen telah disiapkan. Pihak Istana juga menyediakan video raksasa dan layar-layar tambahan di sejumlah titik untuk para tamu undangan.

Sejumlah tamu undangan tampak berswafoto dengan latar belakang megahnya Istana Garuda.

Untuk diketahui, rangkaian acara peringatan 17 Agustus 2024 sudah dimulai sejak pukul 00.00 WITA. Dimulai dengan Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Kusuma Bangsa yang berada sekitar 1.3 KM tepat berada di depan Istana Negara IKN.

Nantinya akan ada Kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Salinan Teks Proklamasi di Istana Negara IKN Pukul 10.15 WITA. Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Upacara Istana Negara IKN dimulai pada pukul 11.00 WITA. (*)

Tombol Google News

Tags:

AgustusanIKN Upacara Kemerdekaan ke-79 RI Ibu Kota Nusantara IKN Istana Garuda Istana Negara IKN Detik-detik Upacara Kemerdekaan