Inilah 3 Waktu Mustajab Untuk Berdoa di Bulan Ramadan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

23 Maret 2024 04:30 23 Mar 2024 04:30

Thumbnail Inilah 3 Waktu Mustajab Untuk Berdoa di Bulan Ramadan Watermark Ketik
Ustad Khalid Basalamah. (Foto: Tangkapan Layar YouTube)

KETIK, JAKARTA – Bulan Ramadan merupakan bukan penuh berkah yang selalu dinantikan oleh umat Islam. Salah satu keutamaan dari Ramadan yakni bulan ini menjadi waktu yang mustajab untuk berdoa. Sehingga setiap umat muslim berlomba-lomba untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT dan memohon keberkahan. Terdapat 3 waktu mustajab untuk berdoa selama Bulan Ramadan.

Ustad Khalid Basalamah mengatakan diantara Bulan Ramadan waktu yang mustajab untuk berdoa adalah saat sahur. Dijelaskannya bahwa sahur masuk dalam sepertiga malam terakhir. 

"Hadist Muslim kata Nabi Muhammad SAW ‘setiap malam Tuhan Yang Maha Berkah Yang Maha Tinggi, Allah SWT Tuhan kita turun ke muka bumi. Pada saat tinggal sepertiga malam, maka Dia berkata Siapa yang berdoa KepadaKu maka akan Aku berikan," jelas ustad Khalid dikutip dari tayangan YouTube Menambah Iman.

Waktu selanjutnya yang terbilang mustajab di Bulan Ramadan adalah sepanjang waktu berpuasa, mulai dari adzan subuh hingga adzan magrib. Rasulullah SAW pernah bersabda salah satu orang yang tidak akan ditolak doanya adalah orang yang sedang berpuasa.

"Tiga orang yang tidak akan ditolak doanya pertama orang yang berpuasa sampai dia berbuka puasa dan pemimpin yang adil dan ketiga doa orang yang terdzalimi’,” tambahnya.

Waktu mustajab terakhir untuk berdoa adalah saat berbuka puasa. Dimana setiao doa dan keinginan umat muslim akan dikabulkan. Sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW yang berkata yang mana doa yang tidak ditolak adalah doa orang-orang yang berpuasa saat dia berbuka puasa. 

“Dan pada saat berbuka karena nabi Muhammad SAW, ‘termasuk doa yang tidak ditolak adalah orang yang berpuasa saat dia berbuka puasa’ itu adalah waktu mustajab untuk berdoa,”pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Hikmahramadan Bulan Penuh berkah Khalid Basalamah Waktu yang mustajab berdoa Rasulullah