Konsumsi Makanan Ini, Jika Ingin Bayi Lahir dengan Otak Pintar

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

3 Juni 2023 09:33 3 Jun 2023 09:33

Thumbnail Konsumsi Makanan Ini, Jika Ingin Bayi Lahir dengan Otak Pintar Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Bagi ibu hamil, menjaga asupan nutrisi selamq masa kehamilan adalah suatu keharusan. Hal ini sangat penting karena asupan gizi yang seimbang akan memaksimalkan tumbuh kembang organ janin.

Otak adalah salah satu organ pertama yang terbentuk, dimulai sejak minggu ketiga kehamilan. Dengan mengingat hal tersebut, tak mengherankan jika apa yang kita makan dan minum, dapat memiliki dampak yang signifikan pada perkembangan otak janin. 

Berikut ini adalah beberapa makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil agar otak bayi dapat berkembang secara maksimal.

 

1. Makanan Tinggi Antioksidan 

Antioksidan sangat penting untuk melindungi sel sel tubuh dari kerusakan, tidak terkecuali sel syaraf otak janin. Pilihlah buah dan sayuran berwarna gelap, seperti sayuran berdaun hijau tua, pepaya, blueberry, dan tomat untuk mendapatkan antioksidan paling banyak.

 

2. Makanan tinggi zat besi

Selama masa kehamilan ada baiknya ibu mengkonsumsi asupan zat besi dua kali lebih banyak dari biasanya. Karena zat besi membantu menyalurkan oksigen yang penting bagi bayi.

Seperti yang kita tahu otak memerlukan asupan oksigen yang banyak dari tubuh. Jika sampai kekurangan oksigen maka bayi akan berisiko mengalami pertumbuhan buruk dan IQ yang rendah. Daging sapi, daging ayam, kacang kacangan dan sereal adalah beberapa makanan yang mengandung zat besi tinggi.

 

3. Makanan Tinggi Omega 3

Ikan adalah salah satu bahan makanan yang diketahui mengandung Omega 3. Kandungan ini sangat penting untuk meningkatkan kekuatan otak bayi. 

Menurut penelitian dari Harvard Medical School, semakin banyak ikan yang dikonsumsi ibu hamil selama trimester kedua, semakin tinggi nilai yang diperoleh bayi mereka dalam tes perkembangan mental pada usia 6 bulan.(*)

Tombol Google News

Tags:

ibu hamil asupan nutrisi otak janin