Lukas Enembe Diperiksa Siang Ini di Jayapura 

Editor: Shinta Miranda

3 November 2022 06:35 3 Nov 2022 06:35

Thumbnail Lukas Enembe Diperiksa Siang Ini di Jayapura  Watermark Ketik
Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe. (Foto: Papua.go.id) 

KETIK, JAYAPURA – Pengacara Lukas Enembe Aloysius Renwarin membenarkan adanya agenda pemeriksaan oleh KPK terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe dalam kasus penerimaan gratifikasi sebesar Rp1 miliar. Pemeriksaan dijadwalkan dilakukan PKL 13.00 WIT dan Ketua KPK Firli Bahuri juga dipastikan hadir dalam agenda pemeriksaan ini. 

"Iya betul jam satu siang waktu Jayapura tim KPK akan merapat ke kediaman di daerah Koya, Kota Jayapura. Pak Ketua KPK juga tadi kami dapat info sudah tiba di Bandar Udara Sentani dan akan ikut ke sini. Kami tim pengacara sedang stand by," kata Aloysius dikutip dari Media Indonesia. 

Dikatakan Aloysius, untuk teknis pemeriksaan tentu didahului dengan memastikan kondisi kesehatan Lukas terlebih dahulu apakah bisa diperiksa atau tidak. 

"Dan kami dapat info KPK juga sudah bawa serta dengan tim medis ya nanti silahkan dicek saja kondisi kesehatan beliau. Yang pasti saat ini Bapak Gubernur suaranya makin mengecil, kaki bengkak dan susah jalan," imbuh Lukas. 

Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri menuturkan bahwa Gubernur Lukas Enembe sudah menyatakan kesiapannya untuk menerima tim dan dokter KPK. 

Menurut dia, dokter independen dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang akan mendampingi dokter KPK. 

Menurut Fakhiri, sebelum ke rumah Enembe, tim KPK dan dokter dari IDI akan bertemu lebih dulu di Polda Papua. 

"Saya akan dampingi saat tim KPK bertemu dengan Gubernur Enembe," kata Kapolda. 

Menurut Fakhiri, kehadiran tim KPK untuk menjalankan penyidikan perkara yang diduga melibatkan Enembe. 

Adapun perkara yang saat ini tengah diselidiki KPK adalah soal dugaan suap atau gratifikasi Rp 1 miliar. 

Meski sudah jadi tersangka, Enembe belum diperiksa karena kondisi kesehatannya. Meski demikian, kata Fakhiri, hukum harus ditegakkan. Namun di satu sisi harus melihat masalah kemanusiaan. 

Sebelumnya, tim KPK yang berjumlah 15 orang sejak Rabu, 2 November 2022 sudah berada di Jayapura, Papua. 

Sebelumnya, Deputi Penindakan dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Karyoto mengatakan tim KPK dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) akan berangkat ke Papua untuk menemui Gubernur Papua Lukas Enembe pekan ini. 

Lukas Enembe akan diperiksa kesehatannya oleh tim IDI dan dimintai keterangan oleh KPK. 

"Keberangkatan tim KPK dan IDI ke Papua, insyaallah, minggu ini ya, kami akan ke sana," kata Karyoto di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Rabu, (2/11). (*)

Tombol Google News

Tags:

Lukas Enembe KPK Gubernur Papua