Paskibraka Kabupaten Pacitan 2023 Resmi Dikukuhkan Bupati

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Muhammad Faizin

15 Agustus 2023 08:45 15 Agt 2023 08:45

Thumbnail Paskibraka Kabupaten Pacitan 2023 Resmi Dikukuhkan Bupati Watermark Ketik
Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Pacitan Tahun 2023 telah dilaksanakan, Selasa (15/8/2023). (Foto: Prokopim)

KETIK, PACITAN – Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Pacitan Tahun 2023 telah dilaksanakan, Selasa (15/08/2022) pagi.

Kegiatan ini untuk mengukuhkan anggota Calon Paskibraka (Capas) menjadi Paskibraka yang akan melaksanakan tugas pada tanggal 17 Agustus 2023 guna memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Saya berharap agar kalian menjadi putra terbaik bangsa,” kata Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dalam sambutannya, Selasa (15/08/2022).

Pengukuhan ini dilangsungkan di Pendopo Mas Tumenggung Djogokarjo, dan dihadiri oleh orang tua atau saudara dari anggota Paskibraka, Forkopimda, jajaran pelatih, serta pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD).

Prosesinya diawali dari pengucapan Ikrar Putra Indonesia dan pemasangan sabuk (kendit) kepada komandan calon Paskibraka. Lalu disusul oleh pasukan lainnya.

Penyematan sabuk oleh Bupati Pacitan itu, menjadi penanda bahwa calon Paskibraka resmi menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Pacitan tahun 2023. 

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengatakan Paskibraka mengemban tugas mulia, yakni mengibarkan dan menurunkan Sang Saka Merah Putih. Anggota Paskibraka juga mengemban tugas menjaga keberlangsungan ideologi Pancasila sebagai dasar dan falsafah bangsa Indonesia.

Hal ini tertuang dalam Perpres Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila kepada generasi muda melalui program Paskibraka.

"Anggota Paskibraka senantiasa menjadi garda terdepan dalam menjaga tegaknya empat pilar kebangsaan Pancasila, UUD-45, NKRI dan kebhinekaan," pungkasnya.

Upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023 di Kabupaten Pacitan mendatang dirasa akan lebih istimewa. Sebab, sesuai informasi dari Pemerintah Kabupaten Pacitan, Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama keluarga bakal hadir mengikuti prosesi peringatan hari kemerdekaan itu di Pacitan. (*)

Tombol Google News

Tags:

pemkab pacitan Paskibraka HUT RI ke 78 Bupati Pacitan