Pertama! Pramuka Jatim Resmi Miliki Saka Rintisan Praja Wibawa, Lahir dari Bumi Bondowoso

Jurnalis: Naufal Ardiansyah
Editor: Muhammad Faizin

29 Agustus 2024 14:18 29 Agt 2024 14:18

Thumbnail Pertama! Pramuka Jatim Resmi Miliki Saka Rintisan Praja Wibawa, Lahir dari Bumi Bondowoso Watermark Ketik
Ketua Kwarda Pramuka Jatim HM Arum Sabil melantik Majelis Pembimbing dan Pimpinan Saka Pramuka Rintisan Praja Wibawa tingkat daerah Jawa Timur periode 2024-2025 di Pendopo Bondowoso. (Foto: Naufal/Ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Bumi Bondowoso akhirnya mencatat sejarah baru bagi dunia Pramuka Jawa Timur. Kota yang kaya akan komoditas kopi tersebut menjadi tempat lahirnya Saka Pramuka Rintisan Praja Wibawa tingkat daerah untuk pertama kalinya sepanjang perjalanan Pramuka di Indonesia. 

Kasatpol PP Jatim Muhammad Hadi Wawan Guntoro dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya Pramuka Rintisan Praja Wibawa tingkat daerah periode 2024-2025 di Pendopo Bondowoso, Kamis, 29 Agustus 2024.

Ketua Pimpinan Satuan Karya Pramuka Rintisan Praja Wibawa Tingkat Daerah Jawa Timur yakni Waris. Keduanya dilantik oleh Ketua Kwarda Pramuka Jatim HM Arum Sabil di Pendopo Raden Bagus Asra Bondowoso, Kamis, 29 Agustus 2024.

"Semoga pengurus yang dilantik mampu membawa Gerakan Pramuka lebih baik lagi. Ini merupakan sejarah di mana Saka Pramuka Rintisan Praja Wibawa Jawa Timur lahir di Bumi Bondowoso," tutur Arum Sabil.

Foto Ketua Kwarda Pramuka Jatim HM Arum Sabil saat memberikan sambutan.Ketua Kwarda Pramuka Jatim HM Arum Sabil saat memberikan sambutan.

"Dengan lahirnya Saka Pramuka Rintisan Praja Wibawa tingkat daerah ini, menjadi satu-satunya di Indonesia yang diakui dan di-SK oleh Kwarnas," imbuhnya.

Hadi Wawan sebagai Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya Pramuka Rintisan Praja Wibawa Tingkat Daerah Jawa Timur menyampaikan bahwa pihaknya sudah menginiasi lahirnya Saka ini sejak 1,5 tahun yang lalu.

"Harapannya bisa berkembang satuan pamong praja se Indonesia. Saka Praja Wibawa lahir di Bumi Bondowoso. Semoga dapat lebih mendarma baktikan untuk Pramuka Jawa Timur dan Indonesia," kata Hadi Wawan yang juga Pj Bupati Bondowoso.

Foto Pj Bupati Bondowoso Hadi Wawan Guntoro saat memberikan sambutan.Pj Bupati Bondowoso Hadi Wawan Guntoro saat memberikan sambutan.

Pihaknya sudah mengumpulkan seluruh Kasatpol PP se-Jawa Timur untuk menyiapkan Saka Rintisan ini.

"Meskipun 1 September besok kami menjadi Kadispora tapi tidak apa-apa kami di Satpol PP siap mengabdi di Pramuka. Ini ajang latihan untuk anak-anak dan adik-adik kita untuk bergabung di Saka Praja Wibawa," bebernya.

Pihaknya juga turut mengenalkan Bondowoso kepada dunia bahwa Bondowoso memiliki potensi pariwisata yang sangat luar biasa.

"Seminggu kami menjawab, kami langsung merah putihkan Kawah Wurung. Luar biasa karena 3.000 orang hadir di sana termasuk Pramuka. Ini bukti gerakan pramuka di Bondowoso semangat dan antusias menyambut kemerdekaan RI," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pramuka Bondowoso Pramuka Jatim Pramuka Arum Sabil Hadi Wawan Guntoro Saka Pramuka Rintisan Praja Wibawa