Pusat Produk Asli Bangkalan Terlengkap, Yuk Mampir di Taman Budaya Sentra IKM

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

21 Januari 2024 20:58 21 Jan 2024 20:58

Thumbnail Pusat Produk Asli Bangkalan Terlengkap, Yuk Mampir di Taman Budaya Sentra IKM Watermark Ketik
Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Bangkalan Qorry Yuniastuti, ST.MM menunjukkan produk batik tulis di Taman Budaya Sentra IKM Kabupaten Bangkalan. (Foto: Yusuf/Ketik.co.id)

KETIK, BANGKALAN – Pemerintah Kabupaten Bangkalan terus berupaya mendongkrak ekonomi dengan memajukan Industri Kecil Menengah (IKM) agar masyarakat semakin sejahtera.

Pemkab memperkenalkan produk-produk unggulan yang terpusat di Taman Budaya Sentra IKM.

Taman Budaya Sentra IKM beralamat di Jalan Moh Noer Tambak Agung Be'engas Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan. Tempat ini tidak jauh dari Jembatan Suramadu.

Foto Tas dengan aksen batik tulis khas Kabupaten Bangkalan. (Foto: Yusuf/Ketik co.id)Tas dengan aksen batik tulis khas Kabupaten Bangkalan. (Foto: Yusuf/Ketik co.id)

Menariknya, dari Taman Budaya Sentra IKM yang dimilki ini, tersedia seluruh produk khas dari kabupaten Bangkalan misalnya batik tulis, kerupuk dan berbagai macam oleh-oleh dari buah salak.

Dijelaskan, Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Bangkalan Qorry Yuniastuti, ST.MM bahwa Sentra IKM ini bertujuan untuk terus memperkenalkan dan memasarkan komoditas asli Bangkalan.


"Kerajinan ada banyak komoditi di sini, ada tali agel, ada perak, kerajinan itu ada batik ada kaos, kerajinan tas dengan aksen batik tulis," jelasnya pada Minggu, (21/1/2024).

Qorry menjelaskan di Sentra IKM ini ada produk unggulan dari 20 UMKM dari Kabupaten Bangkalan khususnya pengrajin Batik Tulis

"Pelaku IKM ada 18-20 UKM batik dan turunannya, kami mempertahankan batik tetap batik tulis, bukan batik cap," jelasnya.

Tak hanya sebagai tempat untuk pemasaran produk, Taman Budaya Sentra IKM cukup luas, terdapat fasilitas seperti gedung pameran serba guna, ada kelas-kelas pelatihan, gedung produksi untuk prioritas batik, dan terdapat juga konveksi.

"Ada gedung kreatif itu kita tempatkan ada kerajinan tas, ada sablon untuk pemesanan jersey bola, sepeda lalu ada kerajinan batik, ada konveksi banyak memproduksi baju koko dan gamis cowok," tutur Qorry.

Foto Produk agro yang ada di Sentra IKM Bangkalan. (Foto: Yusuf/Ketik.co.id)Produk agro yang ada di Sentra IKM Bangkalan. (Foto: Yusuf/Ketik.co.id)

Qorry berharap adanya Sentra IKM  dengan akses yang mudah dan memiliki ruangan yang luas serta menyediakan produk agro maupun non agro yang lengkap, ia berharap ekonomi di Kabupaten Bangkalan juga terus naik.

"Harapannya ada sentra IKM, otomatis ekonomi di Kabupaten Bangkalan meningkat, ke Bangkalan bukan hanya dengan bebeknya, tetapi kerajinan dan potensi kabupaten Bangkalan kita kenalkan di sentra IKM ini," tuturnya.

"Dengan adanya gedung ini, harapannya nanti pihak ketiga tertarik untuk menyelenggarakan pameran di Bangkalan seperti di Grand City," imbuh Qorry. (*)

Tags:

UMKM Kabupaten Bangkalan Taman Budaya Sentra IKM Bangkalan Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Bangkalan   Qorry Yuniastuti ST.MM Industri Kecil Menengah Kabupaten Bangkalan