Suasana Bandara Sepinggan Balikpapan Jelang Upacara IKN, Banyak Extra Flight hingga Pesawat Tempur

Jurnalis: Naufal Ardiansyah
Editor: Muhammad Faizin

15 Agustus 2024 19:11 15 Agt 2024 19:11

Thumbnail Suasana Bandara Sepinggan Balikpapan Jelang Upacara IKN, Banyak Extra Flight hingga Pesawat Tempur Watermark Ketik
Tulisan 'Welcome Balikpapan' menjadi spot foto favorit penumpang di gate kedatangan Bandara Sepinggan Balikpapan jelang Upacara IKN. (Foto: Naufal/Ketik.co.id)

KETIK, BALIKPAPAN – Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (Bandara Sepinggan) Balikpapan terpantau ramai lancar menjelang pelaksanaan Upacara Kemerdekaan ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kaltim.

Jurnalis Ketik.co.id berkesempatan meliput langsung ke IKN dalam rangkaian HUT ke-79 RI, yang perdana digelar di IKN. Pantauan di bandara pada Kamis (15/8/2024) sekitar pukul 20.00 WITA, terjadi lonjakan penumpang terutama di gate kedatangan.

Penumpang yang baru tiba disuguhi pemandangan pesawat tempur jenis Sukhoi yang berjejeran rapi di Apron Bandara. Pesawat tempur ini dipersiapkan dalam rangka memperingati HUT ke-79 RI di IKN.

"Ada peningkatan (penumpang) Mas. Makin ramai karena menjelang upacara di IKN. Garuda saja sampai tambah 10 extra flight," kata petugas Bandara, Shandy Dwi kepada Ketik.co.id, media nasional berjejaring di Indonesia.

Menurut Shandy, lonjakan penumpang terjadi sejak H-7 upacara, yang bakal digelar secara besar-besaran di IKN pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Bandara Sepinggan merupakan Bandara Internasional terdekat menuju akses ke IKN. Penumpang dan tamu undangan tentu lebih memilih perjalanan udara dan landing di Bandara yang berada Balikpapan ini.

Dari Balikpapan, perjalanan darat dapat ditempuh sekitar 2,5 jam normal. Di bandara ini memang tidak disediakan shuttle bus, atau kendaraan khusus menuju IKN. Penumpang bisa memilih mode transportasi mandiri.

"Banyak yang tanya shuttle bus. Di bandara tidak disediakan. Hanya persewaan kendaraan umum," tuturnya.

Foto Moda transportasi umum yang banyak digunakan tamu menuju IKN di Bandara Sepinggan Balikpapan. (Foto: Naufal/Ketik.co.id)Moda transportasi umum yang banyak digunakan tamu menuju IKN di Bandara Sepinggan Balikpapan. (Foto: Naufal/Ketik.co.id)

Menurut keterangan pihak bandara, puncak kedatangan tamu akan terjadi H-1 pelaksanaan upacara, yakni Jumat (16/8/2024).

"Sejak H-7 sudah ramai. Tapi puncaknya besok waktu H-1," tambahnya.

PT Angkasa Pura I (AP I) memprediksi jumlah penumpang di Bandara Sepinggan Balikpapan akan mencapai 289 ribu orang selama periode 10-24 Agustus 2024.

Pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. Bandara Sepinggan Balikpapan akan menjadi salah satu pintu gerbang utama menuju IKN. (*)

Tombol Google News

Tags:

IKN AgustusanIKN Ibu Kota Nusantara Bandara Sepinggan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Bandara SAMS Sepinggan Bandara Balikpapan Update IKN