Inovasi Pemberdayaan UMKM Antarkan Kota Malang Raih Penghargaan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

4 Desember 2023 13:46 4 Des 2023 13:46

Thumbnail Inovasi Pemberdayaan UMKM Antarkan Kota Malang Raih Penghargaan Watermark Ketik
Salah satu pelatihan yang berlangsung di MCC. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Kota Malang kembali meraih penghargaan atas jerih payahnya dalam berdayakan UMKM. Kali ini penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2023 kategori Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah diraih dari salah satu stasiun TV nasional.

Penghargaan ini diraih berkat program Kamis Mbois, yang dicanangkan Pj Wali Kota Batu Wahyu Hidayat, yakni mewajibkan ASN mengenakan produk UMKM tiap hari Kamis.

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menjelaskan banyak program dan bantuan yang telah disalurkan oleh pemerintah kepada pelaku UMKM. Tak hanya program sertifikasi halal, uji nutrisi, ataupun label SNI, Pemkot Malang juga memberikan pendampingan untuk membantu UMKM go internasional.

"Kami kuatkan dengan penerbitan SE Wali Kota Malang nomor 18 Tahun 2023 tentang Pedoman Pakaian Hari Kamis di Lingkungan Pemerintah Kota Malang. Penguatan UMKM on boarding digital yang dilakukan sejak hulu hingga hilir terus dikuatkan, termasuk kemudahan berusaha di MPP Merdeka," ujar Wahyu, Senin (4/11/2023).

Tak hanya itu pendampingan dalam pemasaran juga dilakukan dengan mengoptimalkan katalog lokal dan Jatim Bejo. Melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag), Pemkot Malang rutin memberikan bantuan berupa alat-alat produksi kepada pelaku UMKM.

"Sedangkan untuk pemasaran juga optimalisasi pemanfaatan katalog lokal dan Jatim Bejo. Program bantuan berupa peralatan produksi, temu bisnis dan fasilitasi merek juga menjadi stimulan untuk mendorong UMKM semakin maju dan berkembang,” tambahnya.

Sebelumnya Kepala Diskopindag Kota Malang, Eko Sri Yuliadi menjelaskan pemberian bantuan alat produksi diharapkan mampu mengembangkan usaha pelaku UMKM. Dengan demikian UMKM Kota Malang dapat naik kelas dan menciptakan lapangan kerja baru.

"Kalau mereka sudah berkembang, kita bisa hitung berapa pendapatan perkapita masyarakat setelah program berhasil. Tapi langkah-langkah awal kita didik mereka untuk bisa mempertahankan hidupnya, kita juga berikan mereka modal dan alat-alat produksi," ujar Eko.

Terlebih hadirnya Malang Creative Center (MCC) secara perlahan tapi pasti mampu mengantarkan pertumbuhan ekonomi bagi Kota Malang. Berbagai pembinaan dan pelatihan rutim digelar di bangunan yang menjadi pusat inkubasi pelaku ekonomi kreatif tersebut. 

"Kita dan pelaku UMKM sudah melakukan upaya agar usaha mereka berhasil. Kita monitoring setiap hari. Pastinya Pemkot Malang akan memfasilitasi semua itu, salah satunya melalui MCC," tambahnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

umkm kota malang Diskopindag Kota Malang penghargaan Kota Malang pemberdayaan UMKM Malang Creative Center MCC