Wali Kota Pagaralam Lantik BMKM dan Bundo Kanduang

Jurnalis: Almi Raisyah
Editor: Rudi

27 Januari 2023 08:28 27 Jan 2023 08:28

Thumbnail Wali Kota Pagaralam Lantik  BMKM dan Bundo Kanduang Watermark Ketik
Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni turut bubuhkan tandatangan berita acara pelantikan pengurus BMKM dan Bundo Kanduang Kota Pagaralam periode 2022 – 2026.   (foto; AL/Ketik.co.id)

KETIK, PAGAR ALAM Wali kota Pagaralam, Alpian Maskoni SH menghadiri Pelantikan Pengurus Badan Musyawarah Keluarga Minangkabau (BMKM) dan Bundo Kanduang Kota Pagaralam periode 2022 – 2026. Juga silaturahim Keluarga Minang Kabau bertempat di Gedung Serbaguna Balai Kota, Kelurahan Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan, kemarin

            Pada kesempatan ini Kak Pian menyampaikan selamat atas dikukuhkannya Pengurus BMKM dan Bundo Kanduang Kota Pagaralam periode 2022 – 2026. Sebagaimana diketahui di Indonesia memiliki banyak suku dan bahasa, yang salah satunya Suku Minang berada di wilayah Sumatera Selatan. “Namun sesuai semboyan Bhineka Tunggal Ika, kendati berbeda-beda tetapi kita adalah satu kesatuan dari Bangsa Indonesia,” jelas Kak Pian.

            Kak Pian menambahkan, atas nama Pemkot Pagaralam tentunya menyampaikan selamat atas dikukuhkannya para pengurus BMKM dan Bundo Kanduang Kota Pagaralam periode 2022 – 2026. Semoga dapat memberikan dampak positif, bagi masyarakat Minang dan juga Kota Pagaralam.

Foto Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni turut bubuhkan tandatangan berita acara pelantikan pengurus BMKM dan Bundo Kanduang Kota Pagaralam periode 2022 – 2026.   (foto; AL/Ketik.co.id)Wali kota Pagaralam, Alpian Maskoni turut bubuhkan tandat tangan berita acara pelantikan pengurus BMKM dan Bundo Kanduang Kota Pagaralam periode 2022 – 2026.   (Foto; AL/Ketik.co.id)

            “Dilihat dari susuan pengurus, terutama ketua BMKM yakni  Deni Fauzan, yang masih muda, tentunya kedepan dapat memberikan gebrakan bagi BMKM Kota Pagaralam. Dan kalau melihat peradaban Minang di Kota Pagaralam, jauh dari sebelum Kota Pagaralam terbentuk, Keluarga Minang sudah ada di Pagaralam yang mayoritas pada penduduknya adalah pedagang,” ungkapnya.

Menurut  Kak Pian, kehadiran orang Minang sangat mempengaruhi ekonomi masyarakat Kota Pagaralam, karena kebutuhan masyarakat Pagaralam terutama pakaian dan juga makanan yang mempunyai ciri khas tertentu jika pedagang berasal dari Kota Padang.

“Terima kasih saya sampaikan  karena telah memberikan saya Payung Panji, dan semoga hubungan silaturahmi  antara BMKM dan Bundo Kanduang dengan Pemkot Pagaralam dapat terus terjalin, serta bergotong-royong dalam memajukan Kota Pagaralam yang sama-sama kita cintai ini,” harap Kak Pian.

Sementara itu, Ketua BMKM Kota Pagaralam periode 2022 – 2026, Deni Fuzan SE Sutan Rajo Alam menyampaikan dirinya sangat berterima kasih kepada bapak Wali Kota Pagaralam, Alpian Maskoni SH beserta jajaran yang telah hadir di acara pelantikan BMKM dan Bundo Kanduang Kota Pagaralam.

            “Sebenarnya tujuan utama dari dibentuknya Ikatan Keluarga Minang ini tak lain untuk menjalin dan meningkatkan hubungan silaturahim antar sesama orang Minang, dalam upaya mewujudkan rasa kebersamaan dengan mengadakan berbagai kegiatan, baik itu giat pendidikan maupun kemasyarakatan,” ujarnya.

            Semua upaya yang dilakukan itu kata Deni, tentunya sebagai bagian dari menjalin dan mempererat hubungan orang Minang yang berada di ranah perantauan, dan hampir di seluruh wilayah Provinsi di Indonesia.

“Makna dari pembentukan BMKM Kota Pagaralam adalah sebuah perkenalan, bahwa meski kami di rantau hubungan kami dari satu suku Minang ke suku Minang yang lainnya tetap kompak dan saling asah, saling asih dan saling asuh. Karena kami adalah satu, yakni orang Minang Kabau,” tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

peran Padang persatuan walikota Alpian pagar alam