Catat! 3 Bumbu Dapur Ini Bisa Obati Sakit Gigi

Jurnalis: Mustopa
Editor: Naufal Ardiansyah

20 Juli 2023 21:30 20 Jul 2023 21:30

Thumbnail Catat! 3 Bumbu Dapur Ini Bisa Obati Sakit Gigi Watermark Ketik
Bawang Putih. (Foto: Kemke.go.id)

KETIK, JAKARTA – Mengobati sakit gigi tidak harus menggunakan obat yang dijual di apotek. Kita juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar.

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi adalah bumbu dapur. Ada beberapa bumbu dapur yang berfungsi sebagai anti bakteri sehingga dapat mengatasi infeksi dan mengurangi rasa nyeri.

Berikut 3 bumbu dapur yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi:

Garam

Garam dapur tidak hanya mampu menambah cita rasa masakan. Garam juga bisa mengobati sakit gigi secara alami karena mengandung antiseptik dan antibakteri.

Kandungan tersebut membuat garam dapur bisa mengatasi infeksi dan membunuh bakteri di dalam mulut. Caranya cukup dilarutkan ke dalam air hangat untuk dijadikan obat kumur.

Bawang Putih

Bawang Putih juga punya kandungan antibakteri yang bisa mengatasi infeksi. Bumbu yang satu ini cukup ampuh untuk mengurangi rasa nyeri pada gigi dan gusi.

Caranya cukup mengambil beberapa siung bawang putih, lalu dihaluskan. Kemudian dicampur dengan garam dan ditempelkan ke gigi yang sakit atau berlubang.

Kunyit

Kunyit tidak hanya mampu mengatasi sakit gigi, tapi juga mampu mengatasi masalah pada gusi. Kandungan vitamin C nya membuat kunyit bersifat antibakteri dan anti peradangan.

Cara menggunakannya cukup mudah. Kunyit dihaluskan dan dicampur dengan air hingga menyerupai pasta, lalu ditempelkan pada gigi yang sakit. (*)

Tombol Google News

Tags:

Sakit gigi garam obat sakit gigi kunyit bawang putih